EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Strategi Kepala Madrasah Dalam Pelaksanaan Hubungan Sekolah Dengan Masyrakat Di Madrasah Tsanawiyah Inayatul Marzuki Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar

Arifin, Ahmad Samsul (2016) Strategi Kepala Madrasah Dalam Pelaksanaan Hubungan Sekolah Dengan Masyrakat Di Madrasah Tsanawiyah Inayatul Marzuki Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (167kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Ahmad Samsul Arifin, 2016, Strategi Kepala Madrasah Dalam Pelaksanaan Hubungan Sekolah Dengan Masyrakat Di Madrasah Tsanawiyah Inayatul Marzuki Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar, Skripsi, Jurusan Kependidikan Islam Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing: Surawardi, M. Ag. Hubungan sekolah dengan masyarakat atau School Public Relations adalah salah satu bagian dari substansi manajemen pendidikan di madrasah. Hal ini sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka menjalin suatu komunikasi antara madrasah dengan masyarakat dalam hal pendidikan serta mendorong minat dan kerja sama anggota masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pelaksanaan hubungan sekolah dengan masyarakat pada Madrasah Tsanawiyah Inayatul Marzuki dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan sekolah dengan masyarakat di madrasah tersebut, apa bentuk-bentuk dan tehnik yang digunakan dalam menjalin hubungan dengan masyarakat dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, ketatausahaan (TU) dan komite madrasah di Madrasah Tsanawiyah Inayatul Marzuki. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah strategi kepala madrasah, macam-macam strategi, teknik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Pendekatan yang digunakan melalui pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang .dipergunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan pengolahan data dengan menggunakan teknik editing, klasifikasi, dan koreksi data. Analisis data yang digunakan bersifat diskriptif kualitatif dan dalam mengambil kesimpulan menggunakan metode deduktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan hubungan sekolah dengan masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Inayatul Marzuki sudah terlaksana dengan cukup baik. Pelaksanaan hubungan sekolah dengan masyarakat yang telah dilaksanakan meliputi: kerja sama dengan orang tua/wali murid dan tokoh masyarakat, partisipasi madrasah dalam kegiatan sosial yang diperlukan masyarakat, kerja sama dengan instansi pemerintahan seperti kepolisian, rumah sakit/puskesmas atau instansi lainnya serta adanya kerja sama dengan organisasi kemasyarakatan. Adapun bentuk dan teknik yang digunakan adalah seperti:laporan kepada orang tua murid, pameran sekolah, open house, kunjungan(Home visitation/school visitation), melalui penjelasan oleh staf sekolah, gambaran keadaan sekolah melalui murid, laporan tahunan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni faktor tenaga pelaksana yang cukup lama. Faktor media informasi, dan faktor dana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: ahmad samsul arifin
Date Deposited: 11 Jul 2016 03:21
Last Modified: 11 Jul 2016 03:21
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/5376

Actions (login required)

View Item View Item