EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MELAKUKAN PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DAN LIDI PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS II MI DARUL ULUM PUTERI KEC. AMUNTAI TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UATARA

Mahliriliyani Latifah, H Munsyi (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MELAKUKAN PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DAN LIDI PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS II MI DARUL ULUM PUTERI KEC. AMUNTAI TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UATARA. Tesis, Tarbiyah.

[img]
Preview
Text
aBAB I.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
aBAB IV.pdf

Download (147kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar mengenai perkalian dengan menggunakan media lidi dan kartu pada pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas II MI Darul Ulum Puteri Kembang Kuning Kecamatam Amuntai Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Darul Ulum Puteri Kecamatan Amuntai Tengah pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 23 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, teknik tes dan non tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan prosentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) aktivitas guru meningkat secara signifikan pada siklus 1 sebesar 64,70% naik menjadi 100 % disiklus ke 2, (2) aktivitas siswa meningkat dari akhir siklus 1 sebesar 51 % menjadi 74,28% disiklus ke 2, (3) hasil belajar siswa meningkat dari 6,21 % disiklus 1 menjadi 7,13% pada siklus ke 2. Dari siklus 1 dan 2 aktivitas guru dan siswa selalu meningkat sehingga hasil belajar siswa pun meningkat. Pembelajaran dengan menggunakan media kartu dan lidi pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Darul Ulum Puteri Kembang Kuning Kecamatan Amuntai Tengah, aktifitas siswa dalam pembelajaran sangat membantu memahami pembelajaran, dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran tersebut membuat siswa tidak jenuh dan kaku sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 24 Jul 2015 06:35
Last Modified: 24 Jul 2015 06:35
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item