EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGARUH GLOBALISASI MATA PELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI KEPALA BERNOMOR PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL AMAN KABUPATEN BANJAR

M, Yuseri (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGARUH GLOBALISASI MATA PELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI KEPALA BERNOMOR PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL AMAN KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I p yusri.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4 p yusri.pdf

Download (703kB) | Preview

ABSTRAK

H. M. Yuseri. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Pengaruh Globalisasi Mata Pelajaran PKn Melalui Strategi Kepala Bernomor Pada Siswa Kelas IV MI Darul Aman Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Inna Muthmainnah, MA. Kata Kunci: Hasil belajar, Strategi kepala bernomor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2013-2014 pada Madrasah Ibtidaiyah Darul Aman, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, untuk pembelajaran PKn dengan menggunakan strategi kepala bernomor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darul Aman, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran kepala bernomor dalam mata pelajaran PKn materi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Aman, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar berjalan dengan baik dan maksimal. Kualitas pembelajaran dilihat dari kegiatan guru dalam pembelajaran semakin meningkat dengan persentasi 71,43% hingga mencapai 92,85%. Secara keseluruhan rata-rata persentasi proses pembelajaran guru termasuk dalam kategori amat baik. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dari persentasi 70% hingga mencapai 92%. (3) Hasil belajar siswa meningkat dengan diterapkannya strategi pembelajaran kepala bernomor pada materi pengaruh globalisasi dilihat dari tes hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai pada pertemuan pertama yaitu 64,07 dan pertemuan kedua 74,4, kemudian meningkat pada siklus II yakni pada pertemuan pertama 78,14 dan pada pertemuan kedua 84,81. Dengan demikian dapat dikatakan berhasil karena hasil yang dicapai sudah memenuhi ketuntasan dalam belajar yang targetnya nilai ketuntasan belajar 70,00.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Faisal Adlan azka
Date Deposited: 24 Jul 2015 06:34
Last Modified: 24 Jul 2015 06:34
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item