EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Sistem Tata Surya Menggunakan Pembelajaran Kooperative Model Jigsaw Pada Siswa Kelas VI MI Nurul Khairat

Herliani, Alan (2015) Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Sistem Tata Surya Menggunakan Pembelajaran Kooperative Model Jigsaw Pada Siswa Kelas VI MI Nurul Khairat. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (595kB) | Preview

ABSTRAK

Herliani, 2014. Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Sistem Tata Surya Menggunakan Pembelajaran Kooperative Model Jigsaw Pada Siswa Kelas VI MI Nurul Khairat. Skripsi Program S1 Kedua Non PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Iain Antasari Banjarmasin, Pembimbing: Drs. H. Alfian Khairani, M.Pd.I Kata kunci : Pembelajaran inovatif, Kooperative Jigsaw, sitem tata surya. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPA di MI harus diciptakan proses belajar mengajar yang dapat meningkatkan aktifitas dan kreatifitas siswa. Pembelajaran tersebut harus ditunjang pemanfaatan alat peraga dan sumber belajar yang relevan serta ditunjang kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan tentang sistem tata surya pada siswa kelas VI MI Nurul Khairat Kecamatan Amuntai Selatan Kab. Hulu Sungai Utara Tahun Ajaran 2013/2014. Hipotesisnya, jika prosedur pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, maka akan dapat meningkatkan kemampuan siswa mendeskripsikan sistem tata surya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif model siklus berkelanjutan dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI MI Nurul Khairat.Waktu pelaksanaan pada semester 2 dimulai bulan Januari sampai Juni tahun 2014. Pengumpulan data dan observasi, wawancara, cek list, dan angket serta tes tertulis. Hasilnya: (1) Pembelajaran IPA MI membutuhkan alat peraga dan sumber belajar yang tepat. (2) Penggunaan model Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan sistem tata surya. (3) Perbaikan pembelajaran IPA MI dapat dilakukan melalui PTK. (4) Hambatan yang ditemui adalah keterbatasan waktu, alat peraga, dan sumber bahan, serta kemampuan guru dan siswa. Hasilnya : penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan sistem tata surya dan sesuai untuk digunakan pada pembelajaran IPA serta dapat mengatasi hambatan-hambatan yang dialami dalam pembelajaran tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 24 Jul 2015 06:34
Last Modified: 24 Jul 2015 06:34
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item