EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Hubungan Keterampilan Manajemen Kepala Sekolah, Komunikasi Organisasi, Pengendalian Konflik,dan Iklim Organisasi Dengan Keefektifan Organisasi Madrasah Aliyah Negeri Di Provinsi Kalimantan Selatan

Salabi, Ahmad (2014) Hubungan Keterampilan Manajemen Kepala Sekolah, Komunikasi Organisasi, Pengendalian Konflik,dan Iklim Organisasi Dengan Keefektifan Organisasi Madrasah Aliyah Negeri Di Provinsi Kalimantan Selatan. IAIN ANTASARI PRESS.

[img] Text
Hubungan Keterampilan Manajemen Kepala Sekolah, Komunikasi Organisasi, Pengendalian Konflik, dan Iklim Organisasi Dengan Keefektifan.pdf

Download (7MB)
[img] Image
COVER.jpg

Download (1MB)

ABSTRAK

Salabi, Ahmad. 2006. Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Komunikasi Organisasi, Pengendalian Konflik, dan Iklim Organisasi dengan Keefektifan Organisasi Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Kalimantan Selatan. Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Willem Mantja, M.Pd, (II) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H., M.A., Ph.D., (III) Frans Mataheru, Dip. Ed. Ad., Ed.D. Kata-kata kunci: keterampilan manajerial, komunikasi, konflik, iklim organisasi, keefektifan organisasi, madrasah Sekolah adalah suatu organisasi yang merupakan wadah kerjasama sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan.Berarti sekolah adalah salah satu bentuk ikatan kerjasama sekelompok orang yang bermaksud mencapai suatu tujuan yang disepakati bersama.Dengan demikian efektifnya organisasi tergantung pada kenyataan seberapa jauh tujuan institusional organisasi itu dapat dicapai. Di Indonesia penelitian tentang keefektifan sekolah atau madrasah masih belum banyak dilakukan. Beberapa penelitian lebih banyak melihat keefektifan sekolah atau madrasah dilihat secara umum dengan pendekatan kualitatif, sedangkan penelitian yang spesifik mengenai keterampilan manajerial kepala sekolah, komunikasi organisasi, pengendalian konflik, dan iklim organisasi dengan keefektifan iv Hubungan Keterampilan Manajemen Kepala Sekolah, Komunikasi Organisasi... organisasi madrasah ditinjau dari proses internal selama ini belum banyak dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan gambaran tentang keterampilan manajerial kepala sekolah, komunikasi organisasi, pengendalian konflik, iklim organisasi, dan keefektifan organisasi; (2) menjelaskan hubungan langsung keterampilan manajerial kepala sekolah dengan komunikasi organisasi; (3) menjelaskan hubungan langsung keterampilan manajerial kepala sekolah dengan pengendalian konflik; (4) menjelaskan hubungan langsung keterampilan manajerial kepala sekolah dengan iklim organisasi; (5) menjelaskan hubungan langsung dan tidak langsung keterampilan manajerial kepala sekolah dengan keefektifan organisasi; (6) menjelaskan hubungan langsung komunikasi organisasi dengan pengendalian konflik; (7) menjelaskan hubungan langsung komunikasi organisasi dengan iklim organisasi; (8) menjelaskan hubungan langsung dan tidak langsung komunikasi organisasi dengan keefektifan organisasi; (9) menjelaskan hubungan langsung pengendalian konflik dengan iklim organisasi; (10) menjelaskan hubungan langsung dan tidak langsung pengendalian konflik dengan keefektifan organisasi; dan (11) menjelaskan hubungan langsung iklim organisasi dengan keefektifan organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lima jenis angket, yaitu tentang keterampilan manajerial kepala sekolah, komunikasi organisasi, pengendalian konflik, iklim organisasi, dan keefektifan organisasi. Data digali dari 182 guru tetap sebagai sampel yang diambil secara proportional purposive sampling pada Madrasah Aliyah Negeri di provinsi Kalimantan Selatan.Untuk menganalisis dilakukan dengan teknik SEM (Structural Equation Modeling), karena dengan teknik ini dapat digunakan untuk menjawab permasalahan yang bersifat regresif dan dimensional dalam waktu yang bersamaan.Sebagai alat analisis digunakan program LISREL (Linear Structure Relation) versi 8.30. v Hasil analisis persentase menunjukkan bahwa: (1) tingkat keterampilan manajerial kepala sekolah pada Madrasah Aliyah Negeri di provinsi Kalimantan Selatan dalam kategori tinggi; (2) tingkat komunikasi organisasi pada kategori sedang; (3) tingkat pengendalian konflik pada kategori sedang; (4) tingkat iklim organisasi pada kategori sedang; dan (5) tingkat keefektifan organisasi pada kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) keterampilan manajerial kepala sekolah berhubungan langsung dengan komunikasi organisasi; (2) keterampilan manajerial kepala sekolah berhubungan langsung dengan pengendalian konflik; (3) keterampilan manajerial kepala sekolah berhubungan langsung dengan iklim organisasi; (4) keterampilan manajerial kepala sekolah berhubungan langsung dengan keefektifan organisasi; (5) komunikasi organisasi berhubungan langsung dengan pengendalian konflik; (6) komunikasi organisasi tidak berhubungan langsung dengan iklim organisasi; (7) komunikasi organisasi tidak berhubungan langsung dengan keefektifan organisasi; (8) pengendalian konflik berhubungan langsung dengan iklim organisasi; (9) pengendalian konflik tidak berhubungan langsung dengan keefektifan organisasi; (10) iklim organisasi berhubungan langsung dengan keefektifan organisasi; (11) keterampilan manajerial kepala sekolah berhubungan tidak langsung dengan keefektifan organisasi melalui pengendalian konflik dan iklim organisasi sebagai variabel antara (intervening variable); (12) komunikasi organisasi berhubungan tidak langsung dengan keefektifan organisasi melalui pengendalian konflik dan iklim organisasi sebagai variabel antara (intervening variable); dan (13) pengendalian konflik berhubungan tidak langsung dengan keefektifan organisasi melalui iklim organisasi sebagai variabel antara (intervening variable). Berdasarkan hasil temuan dan kesimpulan penelitian, maka disarankan kepada: (1) para pembuat kebijakan dalam membuat keputusan pendidikan di era otonomi daerah lebih memberikan kesempatan kepada semua kepala sekolah untuk mengikuti program pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan manajerial bagi para kepala sekolah; (2) para kepala Abstrak vi Hubungan Keterampilan Manajemen Kepala Sekolah, Komunikasi Organisasi... sekolah dalam melaksanakan tugas manajerialnya di sekolah, perlu memberikan perhatian khusus pada pengelolaan faktorfaktor yang bersifat internal; (3) para guru untuk terus-menerus meningkatkan perhatian dan kepedulian terhadap tugas, terhadap teman sejawat, dan terhadap atasan; (4) agar dilakukan penelitian tentang korelasi tidak langsung antara komunikasi organisasi, pengendalian konflik, dengan keefektifan organisasi melalui variabel iklim organisasi; (5) menggunakan variabel exogen lain, seperti hubungan tidak langsung antara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan keefektifan organisasi melalui motivasi berprestasi, penerapan birokrasi, dan dinamika kelompok; dan (6) penelitian selanjutnya agar berusaha menemukan variabel lain yang lebih nyata seperti sistem kepemimpinan, proses manajemen, hubungan antar manusia, proses pembuatan keputusan, semangat kerja, kepuasan kerja, dan manajemen stres.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 27 Jun 2016 01:28
Last Modified: 27 Jun 2016 03:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/5209

Actions (login required)

View Item View Item