EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Strategi Caleg Perempuan Terpilih Sebagai Anggota Dprd Kabupaten/ Kota Di Kalimantan Selatan Pemilu 2014

Fidzi, Ridhahani and Hayati, Wardah Hayati and Kumari, Fatrawati Kumari (2014) Strategi Caleg Perempuan Terpilih Sebagai Anggota Dprd Kabupaten/ Kota Di Kalimantan Selatan Pemilu 2014. Laporan Penelitian. LP2M IAIN ANTASARI.

[img] Text
Cover,kata pengantar,daftar isi.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (429kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB V, Daftar Pustaka, Lamp.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Ringkasan Penelitian edit.pdf

Download (603kB)

ABSTRAK

Undang-undang telah memberikan hak perempuan dalam politik, yaitu UU No 12 tahun 2003, pasal 65 ayat 1 tentang kuota perempuan dalam Pemilu sebesar 30 persen. Meski demikian, dalam kenyataannya, keterwakilan perempuan di lembaga DPR masih belum memenuhi harapan. Data Kementrian pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyebutkan, bahwa jumlah perempuan yang duduk di DPR hanya 18 persen, sedangkan di MPR dan DPD masing-masing 20 dan 27 persen. Di DPRD provinsi hanya 16 persen, sedangkan DPRD kota dan Kabupaten hanya 12 persen. Keberhasilan sebagian kecil caleg perempuan menjadi anggota legislatif tidak lepas dari kesungguhan dan keberhasilan menyususn “strategi” yang tepat. Strategi menjadi penentu bagi kesuksesan calon legislatif perempuan. Strategi yang salah akan berdampak fatal bagi caleg. Bertolak dari pentingnya sebuah strategi, maka dianggap perlu untuk mengkaji strategi para caleg secara khusus dalam bentuk penelitian yang berjudul “Strategi Caleg Perempuan Terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten/ Kota di Kalimantan Selatan Pemilu 2014”. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang diterapkan para caleg perempuan terpilih sebagai anggota DPRD Kota dan Kabupaten di Kalimantan Selatan dalam pemilu 2014. Bertolak dari rumusan masalah tersebut, disusun metode penelitian kualitatif melalui studi deskriptif. Penelitian dilaksanakan di propinsi Kalimantan Selatan dengan mengambil sampel dari 7 (tujuh) wilayah yang perolehan suaranya beragam. Ada yang mengalami peningkatan dan penurunan. Temuan penelitian ini adalah: Pertama, pada umumnya, para calon anggota legislatif perempuan terpilih telah melaksanakan strategi marketing politik dan strategi modal sosial. Strategi marketing politik yang dilaksanakan para caleg mencakup: pemetaan atau segmentasi, positioning dan kampanye kemudian monitoring dan evaluasi. Kedua, sosialisasi yang dilakukan lebih banyak secara tertutup dengan menemui masyarakat secara langsung (door to door). Para caleg melaksanakan evaluasi dan monitoring secara berkala dengan melibatkan tim sukses/ timwork masing-masing. Ketiga, seluruh caleg memiliki modal sosial yang baik, yaitu kemampuan berelasi dan bekerjasama dengan orang lain. Modal sosial yang mereka miliki mencakup: kemampuan membentuk jaringan, membangun kepercayaan dan mengikatkan diri dengan nilai Islam sebagaimana keyakinan agama para caleg dan masyarakat di dapil mereka. Kata kunci: caleg perempuan, strategi pemasaran politik, strategi modal sosial.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:25
Last Modified: 28 Jun 2016 04:25
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/5195

Actions (login required)

View Item View Item