EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiwa Dalam Pemecahan Masalah Persamaan Diferensial Melalui Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Software Matlab Tahun Akademik 2014/2015

Assidiqi, Hasby (2015) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiwa Dalam Pemecahan Masalah Persamaan Diferensial Melalui Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Software Matlab Tahun Akademik 2014/2015. Laporan Penelitian. LP2M IAIN Antasari Banjarmasin.

[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ISI RINGKASAN PENELITIAN PUSLIT 2014_2015.pdf

Download (917kB)

ABSTRAK

Menatap masa depan, sebagai calon guru matematika, mahasiswa haruslah menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang keahliannya sehingga mampu memahami, merumuskan serta mengkomunikasikan cara pemecahan masalah yang ada dalam kawasan keahliannya. Selain itu juga harus dibekali berbagai kemampuan seperti kemampuan kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa dalam pemecahan masalah persamaan diferensial setelah diterapkan model pembelajaran Search, Solve, Create dan Share (SSCS) dan konvensional berbantuan matlab. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan bentuk Two-Group Post Test Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah persamaan diferensial sebanyak 140 orang yang tediri 4 kelas, yaitu PMTK A, PMTK B, PMTK C dan PMTK D. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa PMTK C sebagai kelas ekperimen sebanyak 35 orang. Sedangkan PMTK D sebagai kelas kontrol sebanyak 33 orang. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan rumus rata-rata, uji-t dan Uji-Mann Whitney. Kesimpulan yang diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa pada kelas eksperimen dan kontrol dalam kategori baik dan cukup baik. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah persamaan diferensial yang diterapkan Model pembelajaran SSCS dengan konvensional berbantuan Matlab. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis dan kreatif, Model SSCS, Software Matlab

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Suryandari Ndari
Date Deposited: 24 Jun 2016 21:13
Last Modified: 24 Jun 2016 21:13
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/5159

Actions (login required)

View Item View Item