EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Sinergitas Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Jalur Sekolah, Keluarga dan Masyarakat di MIN Roham Raya Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala

Junaidi, Ahmad (2016) Sinergitas Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Jalur Sekolah, Keluarga dan Masyarakat di MIN Roham Raya Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (348kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (738kB)

ABSTRAK

Ahmad Junaidi. ”Sinergitas Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Jalur Sekolah, Keluarga dan Masyarakat di MIN Roham Raya Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala”. Tesis. Di bawah bimbingan: (I) Dr. H. Husnul Yaqin, M.Ed., dan (II) Dr. Hj. Salamah ,M.Pd., pada Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2015. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, sinergitas, sekolah, keluarga, masyarakat Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya keterpaduan pelaksanaan pendidikan agama antara lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan agama di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat pada MIN Roham Raya, bagaimana komunikasi tiga jalur pendidikan tersebut dan bagaimana upaya kepala madrasah dan guru dalam mengoptimalkan sinergitas pendidikan agama pada tiga jalur pendidikan tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MIN Roham Raya Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru-guru, para orangtua, ulama dan tokoh masyarakat dan siswa. Data digali dengan teknik wawancara, observasi dan dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa, sinergitas pelaksanaan pendidikan agama Islam pada jalur sekolah, keluarga, dan masyarakat di MIN Roham Raya dapat berjalan dengan saling melengkapi, hal tersebut dapat dilihat dari Pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah yang ditinjau dari : (1) Aspek perencanaan; kurikulum yang dilaksanakan pada MIN Roham Raya mengacu pada Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP),(2) Aspek pelaksanaan; pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah menggambarkan lebih didominasi pembelajaran langsung (guru yang lebih aktif), (3) Aspek evaluasi ; evaluasi yang dilaksanakan lebih didominasi evaluasi hasil belajar dalam bentuk tes. Selanjutnya dilihat dari pelaksanaan pendidikan agama Islam di keluarga, lebih didominasi pembelajaran langsung dari orang tua dengan memberikan pendidikan agama berupa pendidikan tauhid, pendidikan ibadah (shalat dan puasa), pendidikan akhlak dan pengajaran Alquran melalui suruhan, pembiasaan dan keteladanan oleh orangtua. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam juga dilaksanakan oleh masyarakat (ulama dan tokoh masyarakat), secara nonformal dilaksanakan dalam bentuk pengajian agama secara langsung berupa pembelajaran tauhid, fikih, dan tasawuf di masjid dan mushalla serta pembelajaran Alquran melalui TK Alquran dan Taman Pendidikan Seni Baca Alquran. Komunikasi tiga jalur tersebut dalam upaya melaksanakan Pendidikan Agama Islam, secara inisiatif lebih didominasi oleh pihak madrasah, yaitu dengan mengadakan pertemuan silaturahim, keaktifan guru-guru MIN dalam kegiatan keagamaan di masyarakat serta menjalin koordinasi dengan para ulama, pemuka agama, pemerintah kecamatan dan kepolisian dalam pembinaan masyarakat. Usaha vi kepala madrasah dan guru dalam mengoptimalkan sinergitas pendidikan agama di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat adalah dengan meningkatkan komunikasi timbal balik dari dan dengan pihak sekolah, melibatkan guru-guru dalam berbagai prakarsa dan kegiatan keagamaan, memberdayakan Komite Madrasah untuk aktif memikirkan dan mengusahakan kemajuan pendidikan agama di madrasah dan menjalin komunikasi dengan sekolah/madrasah lanjutan guna memberikan informasi dan masukan pilihan siswa ketika akan melanjutkan pendidikannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: ahmad junaidi
Date Deposited: 10 Jun 2016 00:57
Last Modified: 10 Jun 2016 00:57
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/5017

Actions (login required)

View Item View Item