EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pelaksanaan pembelajaran Penjaskes di Madrasah Ibtidaiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar

Rosadi, M. Rifqi (2015) Pelaksanaan pembelajaran Penjaskes di Madrasah Ibtidaiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I - III.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (247kB) | Preview

ABSTRAK

Berdasarkan pada penjajakan awal ke Madrasah Ibtidaiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar, pada pembelajaran Penjaskes berkenaan dengan materi pelajaran yang bersifat teoretis (kognitif), aktivitas belajar siswa masih minim. Kondisi ini disebabkan pembelajaran yang cenderung diarahkan ke ranah psikomotorik siswa (praktik), bahkan dalam beberapa kali pertemuan, siswa hanya diperintahkan untuk bermain sesuai dengan ketersediaan fasilitas dan minat siswa. Berdasarkan hal di atas, penulis ingin meneliti lebih mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran Penjaskes di Madrasah Ibtidaiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Penjaskes di Madrasah Ibtidaiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar, yang terdiri dari perencanaan, tahapan-tahapan pelaksanaan dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Penjaskes pada Madrasah Ibtidaiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Penjaskes di Madrasah Ibtidaiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Pengolahan data dilakukan dengan teknik editing, display dan klasifikasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif yang bertujuan melengkapi uraian dengan membuat deskripsi dan analisis secara kualitatif tentang pelaksanaan pembelajaran Penjaskes di Madrasah Ibtidaiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pelaksanaan pembelajaran Penjaskes di Madrasah Ibtidaiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar, maka diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran Penjaskes pada MI Raudhatusysyubban Sungai Lulut Kab. Banjar adalah 1) Proses perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan merumuskan tujuan pembelajaran berupa program tahunan, program semester, program mingguan dan harian, program pengayaan dan program remedial serta pembuatan silabus dan RPP. Adapun persiapan mengajar yang dilakukan hanya dengan membaca dan mengulangi materi yang akan diajarkan terutama sebelum masuk ke dalam kelas untuk mengajar. 2) Langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan adalah kegiatan awal berupa pemanasan, penjelasan materi inti dan demonstrasi. Kemudian kegiatan inti berupa eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Kemudian kegiatan akhir berupa penjelasan materi dan perbaikan terhadap gerakan-gerakan yang salah. 3) Evaluasi hasil belajar diberikan berupa penilaian kelas pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dan tes kemampuan dasar diterapkan pada pertengahan semester dan pada akhir semester.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 23 Jul 2015 02:01
Last Modified: 23 Jul 2015 02:01
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item