EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Analisis Kritis Terhadap Gagasan pada Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2009 dan Dokumen Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Al-Qur’an

Gazali, Ahmad (2016) Analisis Kritis Terhadap Gagasan pada Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2009 dan Dokumen Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Al-Qur’an. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (975kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (868kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (265kB)

ABSTRAK

Ahmad Gazali: Analisis Kritis Terhadap Gagasan pada Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2009 dan Dokumen Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Al-Qur’an. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. A. Fahmy Arief, MA. dan (II) Prof Dr. Ahmadi Hasan, MH. Tesis Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin Tahun, 2016. Kata Kunci: Analisis, Kritis, Gagasan, Peraturan Daerah, Kurikulum, Muatan lokal, Pendidikan Al-Qur’an. Perda Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Al-Qur’an telah diterbitkan sejak tahun 2009 dan pelaksanaannya dimulai pada tahun 2010. Tentu ada gagasan-gagasan yang terkandung dalam Perda ini. Dari Perda ini melahirkan kurikulum muatan lokal Pendidikan Al-Qur’an untuk sekolah-sekolah di Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gagasan kurikulum pada Perda Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2009, Pergub Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 038 Tahun 2010 dan dokumen kurikulum Pendidikan Al-Qur’an dan analisis isi dari Perda Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2009 dan dokumen Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan metode penelitian kepustakaan (Library research). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Gagasan kurikulum pada Perda Provinsi Kalimantan Selatan No 3 Tahun 2009, yaitu: 1) Dasar kurikulum Pendidikan Al-Qur’an merupakan dasar yang dirumuskan secara filosofis, sosiologis dan yuridis. Secara filosofis, 2) Kurikulum muatan lokal Pendidikan Al-Qur’an hanya mempunyai tiga tujuan pendidikan, 3) Materi Pendidikan Al-Qur’an merupakan muatan kurikulum keunggulan lokal yang disusun sesuai jenjang pendidikan 4) Setiap satuan pendidikan harus menyediakan sarana dan prasarana Pendidikan Al-Qur’an, 5) Pendekatan dalam pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dilakukan melalui pendekatan belajar dengan difasilitasi seorang guru dan bisa saja dibantu oleh tutor sebaya dan menganut azas belajar tuntas dengan metode PAIKEM, 6) Dalam proses belajar mengajar Pendidikan Al-Qur’an dilaksanakan oleh tenaga profesional 7) Evaluasi kurikulum Pendidikan Al-Qur’an meliputi evaluasi 1) ketercapaian tujuan program, 2) waktu, 3) guru, 4) silabus dan bahan belajar, dan 5) penilaian hasil belajar, Analisis isi dari Perda Provinsi Kalimantan Selatan No 3 Tahun 2009 dan dokumen Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Al-Qur’an, yaitu: 1) Adanya ketidakselarasan tujuan Pendidikan Al-Qur’an yang termaktub dalam Perda. 2) Tidak semua tujuan agar peserta didik menghafal ayat-ayat Al-Qur’an pada Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Muatan Lokal Pendidikan Al-Qur’an SMA atau sederajat. 3) Adanya banyak materi yang terulang diberikan kepada peserta didik pada tingkat SD jika berhubungan dengan mata pelajaran PAI yang akhirnya menyebabkan kejenuhan peserta didik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: S.Ag Ahmad Gazali Gazali
Date Deposited: 30 May 2016 01:18
Last Modified: 30 May 2016 01:18
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/4953

Actions (login required)

View Item View Item