EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Percepatan Belajar (Accelerated Learning) SMA Negeri 2 Tanjung Kabupaten Tabalong

Abdul Hannan, Rabi'ah (2016) Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Percepatan Belajar (Accelerated Learning) SMA Negeri 2 Tanjung Kabupaten Tabalong. Tesis, Pascasarjana. (Unpublished) (Unpublished) (Unpublished)

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (619kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (153kB)

ABSTRAK

Rabi’ah: Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Percepatan Belajar (Accelerated Learning) SMA Negeri 2 Tanjung Kabupaten Tabalong. Tesis, Banjarmasin, Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Antasari, Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Syaifuddin Sabda, M. Ag, Pembimbing (II) Dr. Inna Muthmainnah, MA. 2016. Kata Kunci: Program Percepatan Belajar, Accelerated Learning, Desain Pembelajaran PAI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Akselerasi SMA Negeri 2 Tanjung Kabupaten Tabalong. Desain pembelajaran meliputi desain tujuan, desain materi, desain strategi, dan desain penilaian belajar PAI. Penelitian ini dilakukan dari bulan juni sampai bulan Nopember 2015. Tempat penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Tanjung, sebuah SMA yang merupakan SMA model PENDAIS dan salah satu sekolah di Kabupaten Tabalong yang memiliki program akselerasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Adapun teknik analisis data menggunakan teori milles yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa desain tujuan pembelajaran PAI program akselerasi SMA Negeri 2 Tanjung dirancang sama dengan tujuan pembelajaran program reguler, namun pada pelaksanaannya ada kompetensi dasar yang dilewatkan pada pembelajaran tatap muka, desain materi pembelajaran PAI program akselerasi SMA Negeri 2 Tanjung dirancang dalam bentuk materi eskalasi untuk menyukseskan program percepatan belajar, yaitu materi yang dipadatkan dengan cara melewatkan penyampaian materi yang kompetensi dasarnya sudah dikuasai oleh siswa pada pembelajaran tatap muka, desain strategi pembelajaran PAI program akselerasi SMA Negeri 2 Tanjung dirancang sebagai kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri, strategi yang digunakan dapat berbeda-beda disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, dan desain penilaian belajar PAI program akselerasi SMA Negeri 2 Tanjung merupakan penilaian berbasis kelas yang dilakukan melalui pengumpulan kerja siswa (portofolio), penugasan, tes perbuatan, dan tes tertulis dengan mengikutsertakan penilaian terhadap kompetensi dasar dan materi yang dilewatkan pada waktu pembelajaran tatap muka. Peneliti berharap, semoga ke depannya tujuan pembelajaran lebih ditingkatkan lagi dan kompetensi disesuaikan dengan kemampuan belajar siswa program akselerasi yang kemampuan belajarnya di atas rata-rata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: M.Pd.I Rabi'ah Abdul Hannan
Date Deposited: 25 May 2016 06:54
Last Modified: 25 May 2016 06:54
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/4908

Actions (login required)

View Item View Item