EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

MANAJEMEN FUNDRAISING PADA SEKOLAH DASAR SWASTA (STUDI DI SD ISLAM IBNUL AMIN DAN SD ISLAM TERPADU AL-KHAIR BARABAI)

Alimah, Nor (2016) MANAJEMEN FUNDRAISING PADA SEKOLAH DASAR SWASTA (STUDI DI SD ISLAM IBNUL AMIN DAN SD ISLAM TERPADU AL-KHAIR BARABAI). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (887kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (393kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

NOR ALIMAH. 2016. Manajemen Fundraising pada Sekolah Dasar Swasta (Studi di SD Islam Ibnul Amin dan SD Islam Terpadu Al-Khair Barabai). Tesis. Banjarmasin: Pascasarjana IAIN Antasari Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Pembimbing I: Dr. H. Ridhahani Fidzi, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Ahmad Juhaidi, M.Pd. I Kata Kunci : Manajemen, Manajemen Fundraising dan Sekolah Swasta. Manajemen fundraising merupakan salah satu input yang sangat penting dalam penyelenggaraan organisasi termasuk organisasi pendidikan seperti sekolah swasta. Dalam penerapannya, manajemen fundraising memiliki empat tahap (1) Identifikasi calon donatur yaitu mengidentifikasi donatur yang sesuai dan meneliti kepentingan fokus mereka dan proses pendanaan. (2) Kultivasi calon donatur yaitu membangun hubungan dan melibatkan calon donatur. (3) Permohonan dana. (4) Stewardship donatur yaitu memelihara hubungan dan menunjukkan penghargaan Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang digali dari responden dan informan dengan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen fundraising pada SD Islam Ibnul Amin dan SD Islam Terpadu Al-Khair telah dijalankan dengan baik, meskipun terdapat beberapa persamaan maupun perbedaan antara masing-masing sekolah dalam proses identifikasi, kultivasi, permohonan dana dan dan stewardship. Dalam tahap identifikasi calon donatur, kedua sekolah memiliki persamaan yaitu mengumpulkan informasi tentang calon donatur dari yayasan, stakeholder sekolah dan data donatur dari kegiatan sebelumnya. Dalam tahap kultivasi, SD Islam Ibnul Amin melakukannya dengan cara menjalin silaturrahmi dengan orangtua/wali siswa, pengusaha dan tokoh masyarakat. Sedangkan SD Islam Terpadu Al-Khair dengan cara menjalin silaturrahmi dan kerjasama dengan calon donatur baik donatur perorangan maupun lembaga dan menggunakan media sosial dan media cetak dalam mempromosikan kegiatan-kegiatan di sekolah. Dalam tahap permohonan dana, kedua sekolah memiliki persamaan yaitu menggunakan metode fundraising langsung dan metode fundraising tidak langsung. Adapun dalam tahap stewardship, SD Islam Ibnul Amin menyampaikan ucapan terima kasih, membuat laporan kegiatan yang disampaikan kepada donatur melalui rapat dan melibatkan donatur dalam kegiatan sekolah. Sedangkan SD Islam Terpadu Al-Khair menyampaikan ucapan terima kasih, membuat laporan kegiatan yang disampaikan kepada donatur melalui rapat dan , media sosial dan situs resmi sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NOR ALIMAH Alimah
Date Deposited: 22 Apr 2016 01:22
Last Modified: 22 Apr 2016 01:22
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/4847

Actions (login required)

View Item View Item