EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pembinaan Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam ( L P I ) (Faktor, Kiat dan Pihak yang Terkait dalam Meningkatkan Kualitas Pimpinan LPI)

Adnan, Adnan and Rahmatullah, Rahmatullah and Rawandi, Rawandi (2014) Pembinaan Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam ( L P I ) (Faktor, Kiat dan Pihak yang Terkait dalam Meningkatkan Kualitas Pimpinan LPI). Discussion Paper. Perpustakaan IAIN Antasari.

[img]
Preview
Text
Kepemimpinan.pdf

Download (369kB) | Preview

ABSTRAK

Perkembangan zaman dewasa ini menuntut sebuah organisasi atau lembaga pendidikan khususnya Lembaga Pendidikan Islam (LPI) baik formal maupun non formal membutuhkan pemimpin yang ideal (memiliki kompetensi dan kualifikasi) yang sesuai dengan jabatan kepemimpinannya.. Seorang pimpinan yang baik diharapkan dapat memahami segala aspek perilaku kepemimpinan dan mengetahui kapan fungsi kepemimpinan diperlukan. “Pemimpin yang baik perlu memiliki tiga macam kesadaran, yaitu; pertama, sadar kapan pemimpin itu diperlukan dalam situasi tertentu. Kedua, sadar akan perubahan dan tata nilai baik dalam lingkungan unit kerjanya maupun dalam masyarakat. Ketiga, sadar betapa pentingnya kepemimpinan yang efektif yang mampu menggerakkan orang lain bekerja seefektif mungkin”. Untuk mendapatkan pimpinan LPI yang baik dimasa sekarang dan akan datang maka perlu adanya pembinaan kepemimpinan yang berkualitas sehingga akan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang mampu dan bertanggungjawab atas lembaga pendidikan yang dipimpinnya, dan mampu membawa lembaga itu sendiri ke arah yang lebih baik serta dapat mengikuti perkembangan dengan tuntutan zaman baik bidang sosial, budaya, ekonomi dan politik yang terus berkembang secara cepat. Kepemimpinan pada LPI tidak sama halnya dengan kepemimpinan yang ada pada lembaga pemerintah pada umumnya, mereka memiliki lembaga khusus yang dapat menghasilkan pemimpin yang profesional dan kompeten. Sehingga diperlukan pembinaan pada setiap pemimpin LPI, hal ini dikarenakan adanya persaingan antara lembaga dan budaya mutu yang menjadi symbol saat ini. Inilah yang mengharuskan Pimpinan LPI baik formal dan non formal memiliki kompetensi profesional dalam jabatannya sebagai pemimpin di lembaga pendidikan Islam. Dengan demikian dapat melahirkan soluasi atau alternatif yang bisa dilakukan pemerintah dalam membuat program pembinaan yang berkelanjutan dan menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan. Makalah ini ingin mendiskripsikan, faktor yang melatar belakangi pembinaan LPI sehingga diperlukan pembinaan serta pihak yang bertanggungjawab dalam pembinaan Pimpinanan LPI.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Additional Information: Makalah Diskusi Kelas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam, S-2 Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Juhaidi Ahmad AJ
Date Deposited: 22 Jul 2015 12:30
Last Modified: 22 Jul 2015 12:30
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item