EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning pada mata Pelajaran PAI di SD Sabilal Muhtadin dan MI Al Furqan Banjarmasin

Rusdi, Rusdi (2016) Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning pada mata Pelajaran PAI di SD Sabilal Muhtadin dan MI Al Furqan Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (482kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (383kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Rusdi. 2015, “Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning pada mata Pelajaran PAI di SD Sabilal Muhtadin dan MI Al Furqan Banjarmasin”. Program Pascasarjana Magister Pendidikan Agama Islam. Pembimbing (1) Dr. Hj Salamah, M.Pd (2) Dr. Dina Hermina, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran atau pendidikan memungkinkan seseorang menjadi lebih manusiawi (being humanize) sehingga disebut dewasa dan mandiri. Dalam hal ini diperlukan peran aktif guru (tenaga didik) untuk mempengaruhi karakteristik kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa. Oleh karena itu disini peneliti menggunakan dua model pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran inquiry learning. Fokus masalah penelitian ini bagaimana prosedur strategi pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning, aktivitas peserta didik dan guru serta hasil belajar PAI di SD Sabilal Muhtadin dan MI Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning, untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dan guru, untuk mendeskripsikan hasil belajar. Peneliti menggunakan jenis laporan dengan menggunakan deskriptif di gunakan metode kualitatif. Tempat penelitian yang akan di teliti ada 2 sekolah, yaitu: SD Sabilal Muhtadin dan MI 3 Muhammadiyah Al Furqan Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV. Penelitian adalah penerapan model pembelajaran problem based learning dan inquiry learning di dalam kelas pada mata pelajaran PAI. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian perencanaan strategi pembelajaran ialah perencanaan Inkuiry Learning: orientasi, merumuskan masalah, pengumpulan data dan membuat kesimpulan. Perencanaan strategi pembelajaran Problem Based Learning : Orientasi siswa kepada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil penelitian, mengembangkan dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Aktivitas peserta didik adalah peserta didik sangat berpartisipasi dalam melakukan praktikum, saling berkerja sama untuk menyelesaikannya dan aktif bertanya, Aktivitas guru adalah antusias dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik dan guru memberikan bimbingan dan arahan dalam melakukan praktikum. Hasil belajar adalah peserta didik lebih termotivasi, semangat dan aktif dalam mengikuti setiap praktikum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rusdi Rusdi
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:10
Last Modified: 05 Apr 2016 07:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/4790

Actions (login required)

View Item View Item