EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Hubungan Motivasi Belajar Siswa dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMK Negeri 5 Kota Banjarmasin

Erawati, Erlina (2016) Hubungan Motivasi Belajar Siswa dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMK Negeri 5 Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (489kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (637kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Erlina Erawati: Hubungan Motivasi Belajar Siswa dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMK Negeri 5 Kota Banjarmasin, di bawah bimbingan (I) Dr. Hidayat Ma’ruf, M.Pd., dan (II) Dr. M. Sabirin, M.Si. Tesis, Pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2016. Kata Kunci: Motivasi, Media Berbasis TIK, dan Prestasi Belajar PAI. Salah satu karakteristik pembelajaran di SMK adalah adanya praktek di sekolah/laboratorium dan praktek industri/magang bagi siswa yang berada di kelas XI atau XII, sehingga siswa lebih mementingkan mata pelajaran atau mata diklat produktif, hal ini tentu saja mata pelajaran normatif seperti PAI terabaikan. Upaya untuk meningkatkan perhatian dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran normatif khususnya PAI adalah dengan membangkitkan motivasi belajar siswa dan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar siswa dan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dengan prestasi belajar PAI di SMKN 5 Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada 277 siswa dari populasi 2522 siswa, dengan teknik sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach’s, uji normalitas, uji linearitas, dan uji korelasi tunggal serta korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar PAI dengan koefisien korelasi sebesar 0.961. 2) ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dengan prestasi belajar PAI dengan koefisien korelasi sebesar 0.965. 3) ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dengan motivasi belajar PAI dengan koefisien korelasi sebesar 0.934. 4) secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dengan prestasi belajar PAI dengan koefisien korelasi sebesar 0.908.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 29 Mar 2016 03:08
Last Modified: 29 Mar 2016 03:08
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/4747

Actions (login required)

View Item View Item