EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pembelajaran Alquran di Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai (Studi Kritis Terhadap Proses dan Hasil Pembelajaran

Hamli, Haji (2016) Pembelajaran Alquran di Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai (Studi Kritis Terhadap Proses dan Hasil Pembelajaran. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (425kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (201kB)

ABSTRAK

Haji Hamli: Pembelajaran Alquran di Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai (Studi Kritis Terhadap Proses dan Hasil Pembelajaran. Dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA dan Dr. H. Abdul Basir, M. Ag Tesis pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2016. Kata Kunci: Pembelajaran, Alquran, Proses, dan Hasil Penelitian ini berangkat dari sebuah pemikiran tentang Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ) Amuntai adalah satu-satunya lembaga di Kalimantan yang mendidik sarjana muslim yang pandai membaca, menulis, dan hafal, serta menguasai disiplin ilmu-ilmu Qurani seperti ilmu kaligrafi Islam, Nagham (seni tilawah), qiraat sab’ah, tahfizh Alquran. STIQ Amuntai telah banyak melahirkan sarjana-sarjana yang Qurani, menguasai macam-macam disiplin ilmu Alquran yang mampu membaca Alquran dengan benar atau fasih, melagukan Alquran dan menulisnya dengan tulisan indah atau kaligrafi, serta menghafal keseluruhan Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran Alquran, bagaimana kegiatan awal pembelajaran Alquran, bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran Alquran, bentuk dan jenis evaluasi terhadap hasil pembelajaran Alquran di STIQ Amuntai, untuk mengetahui problematika dalam pembelajaran Alquran, dan apa solusi STIQ Amuntai dalam mengatasi problematika pembelajaran Alquran, serta bagaimana hasil pembelajaran Alquran di STIQ Amuntai Kerangka Teoritis yang dikaji dalam tesis ini berkenaan dengan pembelajaran Alquran, yang mencakup pengertian pembelajaran, konsep pembelajaran, hasil pembelajaran, tujuan pembelajaran, faktor-faktor pembelajaran, serta pengertian Alquran dan macam-macam pembelajaran Alquran, baik tajwid, nagham, qiraat sab’ah, kaligrafi, dan tahfizh Alquran. Untuk membahas permasalahan yang diajukan tersebut, dilakukan pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data yaitu para instruktur pembelajaran, mahasiswa, staf atau yang berhubungan dengan STIQ Amuntai, data dikumpulkan kemudian diolah melalui tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif. Setelah mengadakan analisis terhadap data yang diperoleh, hasilnya menunjukkan bahwa gambaran pembelajaran Alquran di STIQ Amuntai berjalan sesuai perencanaan sebelum melakukan pembelajaran Alquran, dan hampir semua instruktur juga telah memberikan motivasi terhadap mahasiswa dalam pembelajaran Alquran, secara interaktif, inspiratif, dan memotivasi mahasiswa untuk berpartisipasi secara aktif, metode dan evaluasi yang bervariasi, dan menyelesaikan problematika pembelajaran secara besama-sama antara mereka yang terkait dengan STIQ Amuntai, sehingga menghasilkan pembelajaran Alquran sesuai dengan tajuan yang diharapkan, baik pembelajaran tajwid, nagham, qiraat sab’ah, kaligrafi dan tahfizh Alquran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:13
Last Modified: 28 Mar 2016 06:13
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/4732

Actions (login required)

View Item View Item