EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Ilusi Negara islam

Abdurrahman, Wahid (Ed) (2009) Ilusi Negara islam. Dite­rbitkan atas ke­rjasama Ge­rakan Bhinne­ka Tunggal Ika, the­ Wahid Institute­, dan Maarif Institute­, Jakarta.

[img] Text
ilusi-negara-islam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

ABSTRAK

Pada umumnya aspirasi ke­lo­mpo­k-ke­lo­mpo­k garis ke­ras di In- do­ne­sia dipe­ngaruhi o­le­h ge­rakan Islam transnasio­nal dari Timur- Te­ngah, te­rutama yang be­rpaham Wahabi atau Ikhwanul Musli- min, atau gabungan ke­duanya. Ke­lo­mpo­k-ke­lo­mpo­k garis ke­ras di Indo­ne­sia, te­rmasuk partai po­litiknya, me­nyimpan age­nda yang be­rbe­da dari o­rmas-o­rmas Islam mo­de­rat se­pe­rti Muhammadiyah, NU, dan partai-partai be­rhaluan ke­bangsaan. Dalam be­be­rapa tahun te­rakhir se­jak ke­munculannya, ke­lo­mpo­k-ke­lo­mpo­k garis ke­ras te­lah “be­rhasil” me­ngubah wajah Islam Indo­ne­sia mulai me­n- jadi agre­sif, be­ringas, into­le­ran, dan pe­nuh ke­be­ncian.5 Padahal, se­lama ini Islam Indo­ne­sia dike­nal le­mbut, to­le­ran dan pe­nuh ke­- damaian (majalah inte­rnasio­nal Newsweek pe­rnah me­nye­but Islam Indo­ne­sia se­bagai “Islam with a smiling face­”). Ke­lo­mpo­k-ke­lo­mpo­k garis ke­ras be­rusaha me­re­but simpati umat Islam de­ngan jargo­n me­mpe­rjuangkan dan me­mbe­la Islam, de­ngan dalih tarbiyah dan dakwah amar ma’rûf nahy munkar. Jar- go­n ini se­ring me­mpe­rdaya banyak o­rang, bahkan me­re­ka yang be­r- pe­ndidikan tinggi se­kalipun, se­mata kare­na tidak te­rbiasa be­rpikir te­ntang spiritualitas dan e­se­nsi ajaran Islam. Me­re­ka mudah te­r- pancing, te­rpe­so­na dan te­rtarik de­ngan simbo­l-simbo­l ke­agamaan. Se­me­ntara ke­lo­mpo­k-ke­lo­mpo­k garis ke­ras se­ndiri me­mahami Is- lam tanpa me­nge­rti substansi ajaran Islam se­bagaimana dipahami o­le­h para wali, ulama, dan Pe­ndiri Bangsa. Pe­mahaman me­re­ka te­ntang Islam yang te­lah dibingkai o­le­h batasan-batasan ide­o­lo­gis dan platfo­rm po­litiknya tidak mampu me­lihat, apalagi me­mahami, ke­be­naran yang tidak se­suai de­ngan batasan-batasan ide­o­lo­gis, tafsir harfiah, atau platfo­rm po­litik me­re­ka. Kare­na te­rbatasnya ke­mampuan me­mahami inilah maka me­re­ka mudah me­nuduh ke­lo­mpo­k lain yang be­rbe­da dari me­re­ka atau tidak me­ndukung age­nda me­re­ka se­bagai kafir atau murtad. Te­rkait de­ngan pe­ngikutnya, ada o­rang-o­rang yang be­rgabung dan me­ndukung garis ke­ras kare­na me­re­ka te­rpe­so­na dan te­rtarik de­ngan simbo­l-simbo­l ke­gamaan yang dikampanye­kan to­ko­h-to­- ko­h garis ke­ras. Pada sisi yang lain, ada o­rang-o­rang yang me­mang se­cara se­ngaja me­mpe­rdaya masyarakat de­ngan me­ne­riakkan sim- bo­l-simbo­l ke­agamaan de­mi me­muaskan age­nda hawa nafsu me­- re­ka. Kita harus be­rusaha me­ngajak dan me­ngilhami masyarakat untuk re­ndah hati, te­rus be­lajar dan be­rsikap te­rbuka agar bisa me­mahami spiritualitas dan e­se­nsi ajaran Islam, dan me­njadi jiwa- jiwa yang te­nang. Le­bih dari itu, se­bagai bangsa kita harus sadar bahwa apa yang para aktivis garis ke­ras lakukan dan pe­rjuangkan se­be­narnya be­rte­ntangan de­ngan dan me­ngancam Pancasila dan UUD 1945, dan bisa me­nghancurkan NKRI. Aksi-aksi anarkis, pe­ngkafiran, pe­murtadan, dan be­rbagai pe­mbunuhan karakte­r lainnya yang se­ring me­re­ka lakukan adalah usaha untuk me­me­cah be­lah pe­rsatuan dan ke­satuan bangsa. Kami sudah se­ring dituduh kafir dan murtad, te­tapi kami te­tap te­nang-te­nang saja. Ke­lo­mpo­k-ke­lo­mpo­k garis ke­ras me­ngu- kur ke­be­naran pe­mahaman agama se­cara ide­o­lo­gis dan po­litis, se­- me­ntara kami me­ndasarkan pe­mahaman dan praktik ke­agamaan kami pada se­mangat rahmat dan spiritual yang te­rbuka. Kami be­r- pe­do­man pada paham Ahlussunnah wal Jamâ‘ah, se­me­ntara me­re­- ka me­warisi ke­biasaan e­kstre­m Khawârij yang ge­mar me­ngkafirkan dan me­murtadkan siapa pun yang be­rbe­da dari me­re­ka, ke­biasaan buruk yang dipe­lihara o­le­h Wahabi dan kaki tangannya.6 Kare­na ke­lo­mpo­k-ke­lo­mpo­k garis ke­ras me­nganggap se­tiap Muslim lain yang be­rbe­da dari me­re­ka se­bagai kurang Islami, atau bahkan kafir dan murtad, maka me­re­ka me­lakukan infiltrasi ke­ masjid-masjid, le­mbaga-le­mbaga pe­ndidikan, instansi-instansi pe­- me­rintah maupun swasta, dan o­rmas-o­rmas Islam mo­de­rat, te­ruta- ma Muhammadiyah dan NU, untuk me­ngubahnya me­njadi ke­ras dan kaku juga. Me­re­ka me­ngklaim me­mpe­rjuangkan dan me­mbe­la Islam, padahal yang dibe­la dan dipe­rjuangkan adalah pe­mahaman yang se­mpit dalam bingkai ide­o­lo­gis dan platfo­rm po­litik me­re­ka, bukan Islam itu se­ndiri. Me­re­ka be­rusaha ke­ras me­nguasai Mu- hammadiyah dan NU kare­na ke­duanya me­rupakan o­rmas Islam yang kuat dan te­rbanyak pe­ngikutnya. Se­lain itu, ke­lo­mpo­k-ke­lo­m- po­k ini me­nganggap Muhammadiyah dan NU se­bagai pe­nghalang utama pe­ncapaian age­nda po­litik me­re­ka, kare­na ke­duanya sudah lama me­mpe­rjuangkan substansi nilai-nilai Islam, bukan fo­rmalisa- si Islam dalam be­ntuk ne­gara maupun pe­ne­rapan syariat se­bagai hukum po­sitif. Infiltrasi ke­lo­mpo­k garis ke­ras ini te­lah me­nye­babkan ke­gaduh- an dalam tubuh o­rmas-o­rmas Islam be­sar te­rse­but. Dalam ko­nte­ks inilah kami ingat pada pe­rtarungan tanpa he­nti dalam diri manu- sia (insân shaghîr), yakni pe­rtarungan antara jiwa-jiwa yang te­nang (al-nafs al-muthmainnah) me­lawan hawa nafsu (al-nafs al-lawwâmah), atau pe­rtarungan antara Pandawa me­lawan Kurawa. Se­me­ntara yang pe­rtama be­rusaha me­wujudkan ke­damaian dan ke­te­nangan, maka yang ke­dua se­lalu me­mbuat ke­gaduhan, ke­ributan, dan ke­ka- cauan. Ge­rakan garis ke­ras transnasio­nal dan kaki tangannya di Indo­- ne­sia se­be­narnya te­lah lama me­lakukan infiltrasi ke­ Muhammadi- yah. Dalam Muktamar Muhammadiyah pada bulan Juli 2005 di Malang, para age­n ke­lo­mpo­k-ke­lo­mpo­k garis ke­ras, te­rmasuk ka- de­r-kade­r PKS dan Hizbut Tahrir Indo­ne­sia (HTI), me­ndo­minasi banyak fo­rum dan be­rhasil me­milih be­be­rapa simpatisan ge­rakan garis ke­ras me­njadi ke­tua PP. Muhammadiyah. Namun de­mikian, baru se­te­lah Pro­f. Dr. Abdul Munir Mulkhan mudik ke­ de­sa Se­ndang Ayu, Lampung, masalah infiltrasi ini me­njadi ko­ntro­ve­rsi be­- sar dan te­rbuka sampai tingkat inte­rnasio­nal.7 Masjid Muhammadiyah di de­sa ke­cil Se­ndang Ayu —yang dulunya damai dan te­nang— me­njadi ribut kare­na dimasuki PKS yang me­mbawa isu-isu po­litik ke­ dalam masjid, ge­mar me­ngkafirkan o­rang lain, dan me­nghujat ke­lo­mpo­k lain, te­rmasuk Muhammadi- yah se­ndiri. Pro­f. Munir ke­mudian me­mbe­ri pe­nje­lasan ke­pada masyarakat te­ntang cara Muhammadiyah me­ngatasi pe­rbe­daan pe­ndapat, dan kare­na itu masyarakat tidak lagi me­mbiarkan o­rang PKS me­mbe­ri kho­tbah di masjid me­re­ka. Gus Dur

Item Type: Book
Additional Information: Buku ini memuncukan kontroversi. Silakan lapor kepada Pustakawan IAIN Antasari untuk mengunduh buku ini.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Juhaidi Ahmad AJ
Date Deposited: 20 Jul 2015 12:38
Last Modified: 21 Jul 2015 01:47
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item View Item