EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yang Berbasis Karakter Di SMPN Amuntai

Habib Burahman, Mustofa (2015) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yang Berbasis Karakter Di SMPN Amuntai. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (304kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (94kB)
[img] Text
ABSTRAKS.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (401kB)

ABSTRAK

Mustofa Habib Burahman: Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam DI SMPN Amuntai, di bawah bimbingan I: Dr. Salamah. dan II: Dr. M. Ridhani Fizi pada Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2015. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran, pendekatan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berbasis karakter di SMPN Amuntai. Jenis penelitian dalam tulisan ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru PAI, Kepala Sekolah, Dukomen dan situasi Pembelajaran, dengan teknik pengumpulan data melalui dukomentasi, observasi dan wawancara. Data yang didapat kemudian diolah melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Kemudian data yang telah diolah tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif-analitis-kritis, yakni analisis diskriptif dan Kajian isi (content analysis). Setelah dilakukan analisis terhadap data yang telah dioleh sedemikian rupa, maka ditemukan hasil penelitian, sbb. : (1). Perencanaan Pembelajaran PAI berbasis karakter di SMPN Amuntai sudah baik, namun yang perlu ditambahkan lagi adalah penetapan norma-norma dan batas minimum keberhasilan sebagai pedoman evaluasi. (2). Penerapan pendekatan pembelajaran sudah baik, namun yang masih perlu penguatan yakni pemberian kesempatan menanya, meneliti, kerja kelompok, membuat pernyataan dan catatan kesan, menampilkan hasil diskusi /karya serta penilaian hasil karya. (3). Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan pendahuluan sudah baik, hal yang perlu dikuatkan mendo’akan yang berhalangan hadir, mengaitkan materi/kompetensi dengan karakter. Pada kegiatan Inti juga sudah baik, hal masih perlu dilakukan lagi : memformat mushalla sebagai laboraturium keagamaan, memaksimalkan interaksi antarpeserta didik. Pada kegiatan elaborasi juga baik, yang penguatan: pembelajaran dengan kerja kelompok, pelaporan dan pemajangan hasil kerja siswa. Pada kegiatan konfirmasi juga sudah baik, yang perlu penguatan adalah: kegiatan refleksi, pemberian acuan agar peserta didik dapat bereksplorasi lebih jauh. Kemudian kegiatan Penutup juga sudah baik, yang perlu penguatan adalah: pemberian umpan balik dan pemajangan karya siswa. (4). Pelaksanaan Evaluasi dan Tindak Lanjut, yang ada hanyalah tugas terkait dengan materi, sedang untuk pengembangan karakter masih belum dilakukan. Kata Kunci: Implementasi - Karakter – Eksplorasi – Elaborasi – Konfirmasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mustofa Habib Burahman
Date Deposited: 14 Mar 2016 06:44
Last Modified: 14 Mar 2016 06:44
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/4553

Actions (login required)

View Item View Item