EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PKn dengan Metode Kerja Kelompok Murid Kelas IV MIN Palimbang Sari Kabupaten Hulu Sungan Utara. Penelitian Tindakan Kelas

Yusran, Yusran (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PKn dengan Metode Kerja Kelompok Murid Kelas IV MIN Palimbang Sari Kabupaten Hulu Sungan Utara. Penelitian Tindakan Kelas. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Yusran amuntai 1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yusran Amuntai 4.pdf

Download (212kB) | Preview

ABSTRAK

Yusran, 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PKn dengan Metode Kerja Kelompok Murid Kelas IV MIN Palimbang Sari Kabupaten Hulu Sungan Utara. Penelitian Tindakan Kelas. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari. Pembimbing Dra. Hj. Shofiyah, M.Pd.I. Kata-kata kunci : Pembelajaran PKn, metode kerja kelompok. Para siswa kelas IV MIN Palimbang Sari Amuntai banyak yang mengalami masalah dalam memahami mata pelajaran PKn, khususnya tentang lembaga-lembaga negara yang ada di pemerintah pusat. Hal ini disebabkan karena selama ini metde pembelajaran lebih menekankan ada aspek ceramah saja, sehingga siswa mudah bosan dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Metode pembelajaran kerja kelompok merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut karena dengan metode ini siswa dapat saling bekerjasama, memberi dan menerima pendapat temannya dan karenanya siswa dituntut untuk aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn dengan metode kerja kelompok, dengan variabel yang diteliti meliputi keaktifan guru dalam pembelajaran, keaktifan siswa dalam pembelajaran serta hasil belajar siswa. Setting penelitian di MIN Palimbang Sari kelas VI dengan jumlah siswa 16 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data diambil dari lembar observasi dan tes formatif hasil belajar melalui siklus 1 dan 2 yang berisi 4 kali pertemuan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan indikator keberhasilan nilai siswa 70 atau lebih dengan tingkat ketuntasan klasikal 75 % dari 16 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah disajikan, dapatlah disimpulkan bahwa model pembelajaran dengan metode kerja kelompok ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn pada Kelas IV MIN Palimbang Sari Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara. Keberhasilan tersebut meningkatkan keaktifan guru dalam mengajar PKn sampai pada pertemuan 2 siklus 2 mencapai 100 %. Pembelajaran dengan metode kerja kelompok dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, mencakup keaktifan dalam bekerjasama dalam kelompoknya maupun dalam memberikan pendapatnya. Sampai pertemuan 2 siklus 2, siswa yang sangat aktif 81,25 %, aktif 18,75 % dan yang kurang aktif tidak ada. Pembelajaran dengan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mampu mencapai ketuntasan belajar individual dan klasikal dengan ukuran keberhasilan klasikal yaitu 75 % mencapai nilai 70 atau lebih. Sampai pertemuan 2 siklus 2, siswa yang berhasil tuntas mencapai 87,50 % dan yang belum tuntas hanya 12,50 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Asma Wardah
Date Deposited: 15 Jul 2015 01:41
Last Modified: 15 Jul 2015 01:41
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item