EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (problem based learning) Kelas I MIS Darul Istiqomah Pangambangan Banjarmasin

Syarkiyatul, Abadiyah (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (problem based learning) Kelas I MIS Darul Istiqomah Pangambangan Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (580kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran matematika dan Untuk mengetahui keaktifan siswa terhadap penggunaan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) khususnya dalam materi penjumlahan dan pengurangan dalam mata pelajaran matematika siswa kelas I di MIS Darul Istiqomah Pangambangan Banjarmasin. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode deskriftif yang dilaksanakan melalui tiga siklus. Sampel penelitian adalah kelas I MIS Darul Istiqomah Pangambangan Banjarmasin, pada semester II tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah 16 orang siswa. Pengumpulan data melalui observasi guru, observasi aktivitas siswa, hasil belajar dengan data kualitatif dan kuantitatif dianalisis dengan teknik perhitungan persen. Berdasarkan hasil tindakan kelas siklus I, siklus II dan III penelitian ini, diperoleh kemajuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari : siklus I Observasi Kegiatan Pembelajaran 77,27%, Observasi Aktivitas Siswa Dalam KBM adalah 73,33 %. Dan dari tes hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai pada pertemuan yaitu 6,06. Kemudian meningkat pada siklus II yakni pada Observasi Kegiatan Pembelajaran 78,26 %,. Observasi Aktivitas Siswa Dalam KBM adalah 75,56 %. Dan hasil tes belajar siswa pada siklus II rata-rata nilai pada pertemuan yaitu 8,75. Selanjutnya pada siklus III Observasi Kegiatan Pembelajaran 87,5 %, Observasi Aktivitas Siswa Dalam KBM adalah 82 % dan hasil tes belajar siswa pada siklus III rata-rata nilai pada pertemuan yaitu 8,75. Dengan demikian dapat dikatakan berhasil karena hasil yang dicapai sudah memenuhi ketuntasan dalam belajar yang targetnya nilai ketuntasan belajar 5,50, Dengan demikian, pembelajaran melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran matematika dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam Matematika sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 14 Jul 2015 12:48
Last Modified: 14 Jul 2015 12:48
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item