EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Perbandingan Prestasi Belajar Siswa yang Mengikuti Les dan yang Tidak Mengikuti Les (Studi pada Siswa Kelas V MI Al-Muhajirin Banjarmasin)

Asri, Syir Barqi (2015) Perbandingan Prestasi Belajar Siswa yang Mengikuti Les dan yang Tidak Mengikuti Les (Studi pada Siswa Kelas V MI Al-Muhajirin Banjarmasin). Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (272kB) | Preview

ABSTRAK

Skripsi ini menggambarkan tentang perbandingan prestasi belajar siswa kelas V yang mengikuti les dan yang tidak mengikuti lespadaMI Al-Muhajirin Banjarmasin, Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V yang mengikuti les dan yang tidak mengikuti les, apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Al-Muhajirin Banjarmasin yang mengikuti les dengan yang tidak mengikuti les. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V yang mengikuti les dan yang tidak mengikuti les, untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Al-Muhajirin Banjarmasin yang mengikuti les dengan yang tidak mengikuti les. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Ha: Ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti les dengan siswa yang tidak les padaMI Al-Muhajirin Banjarmasin. Ho: Tidak ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti les dengan siswa yang tidak les pada MI Al-Muhajirin Banjarmasin. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yakni untuk mengetahui seberapa besar perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas V yang mengikuti les dan yang tidak les. Pendekatan penelitian bersifat kuantitatif menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas V MI Al-Muhajirin Banjarmasin sebanyak 21 orang, kemudian sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling, yaitu pengambilan data dengan pertimbangan tertentu. Sampel berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan editing, klasifikasi, tabulasi, dan interpretasi data. Berdasarkan hasil uji t dengan menggunakan Microsoft Excel diperoleh harga thitung =1.17.dan ttabel= 2,09. Karenattabel≥thitung ,maka Ho di terima dan Ha ditolak. Sedangkan uji t dengan menggunakan SPSS diketahui bahwa t = 1,775 dan signifikasi 2,02. Nilai t table adalah 2,09. Maka kesimpulannya adalah nilai -t hitung< -t tabel (-1,775 < -2,09) dan signifikasi> 0,05 (2.02 > 0,05), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar Matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti les dengan siswa yang tidak les pada MI Al-Muhajirin Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 14 Jul 2015 06:19
Last Modified: 14 Jul 2015 06:19
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item View Item