EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-sifat Cahaya melalui Metode Eksperimen Siswa Kelas V MIN Purut Kabupaten Tapin

Nazaratun, Wahidah (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-sifat Cahaya melalui Metode Eksperimen Siswa Kelas V MIN Purut Kabupaten Tapin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I - V.pdf

Download (965kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Eksperimen pada mata pelajaran IPA materi Sifat-sifat Cahaya dan membuktikan bahwa metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi Sifat-sifat Cahaya siswa kelas V MIN Purut Kabupaten Tapin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Purut pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 21 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Penerapan metode eksperimen mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V MIN Purut Kabupaten Tapin dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara langsung melakukan eksperimen dengan arahan dan bimbingan guru, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna, lebih berkesan dan siswa lebih aktif. Oleh karena itu metode eksperimen adalah salah satu metode dalam proses pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar; (2) Melalui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Purut Kabupaten Tapin mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara bertahap, yaitu pada siklus I pertemuan I sebesar 6,38 dan pada pertemuan II menjadi 6,71. Kemudian pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata 6,90 dan pada pertemuan II menjadi 8,24. Secara keseluruhan nilai siswa telah mencapai target Kriteria Ketuntasan Belajar Minimum mata pelajaran IPA yang ditetapkan yaitu 7,00. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 14 Jul 2015 06:20
Last Modified: 14 Jul 2015 06:20
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item