EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Perbandingan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam antara Siswa yang Berlatar Belakang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Astambul Kecamatan Astambul Kebupaten Banjar

Fatmah, Anang Fauzi (2015) Perbandingan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam antara Siswa yang Berlatar Belakang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Astambul Kecamatan Astambul Kebupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I -5.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Pendidikan agama merupakan upaya untuk menanamkan ajaran keagamaan baik Islam maupun non Islam yang dipelajari dan diamalkan oleh penganutnya. Pendidikan agama merupakan suatu kewajiban yang harus kita pelajari dan mengamalkannya sehingga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi diri kita sendiri dan bermanfaat bagi orang lain. Siswa Sekolah Dasar (SD) sebagai salah satu unsur sumber daya manusia yang potensial sangat diperlukan dalam rangka mencapai kemajuan bangsa, begitupula dengan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Perbedaan latar belakang pendidikan tentunya akan menimbulkan perbedaan terhadap aktivitas siswa pada saat proses belajar mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri Astambul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan kuantitatif dengan metode studi perbandingan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling dan keseluruhan populasi menjadi 45 orang anak, yang terdiri dari 32 orang anak yang berlatar belakang Sekolah Dasar (SD) dan 13 orang anak yang berlatar belakang Madrash Ibtidaiyah (MI). Obyek dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa pada saat proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsnawiyah Negeri Astambul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, koding, menghitung frekuensi dan tabulating serta interpretasi kemudian dianalisis menggunakan rumus Student Test. Dari hasil penelitian dapat diperoleh nilai rata-rata perbedaan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa/siswi yang berlatar belakang Sekolah Dasar (95,70) dan Madrasah Ibtidaiyah (87,29) pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Astambul dapat dikatakan baik karena tergolong pada kategori tinggi dan cenderung lebih baik siswa/siswi yang berlatar belakang Sekolah Dasar (95,70) dibandingkan siswa/siswi yang berlatar belakang Madrasah Ibtidaiyah (87,29) pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Astambul Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Adapun harga “t” test yang diperoleh lebih besar dari 〖 t〗_tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% yaitu 2,02 < 12,74 > 2,69. Demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis alternatif (H_a) yang menyatakan terdapat perbedaan aktivitas belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang signifikan antara siswa yang berlatar belakang Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri Astambul, diterima dan H_o ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 14 Jul 2015 06:19
Last Modified: 14 Jul 2015 06:19
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item View Item