EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dengan Menggunakan Metode Drill Bagi Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kabupaten Tapin

Noormalasari, Sari (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dengan Menggunakan Metode Drill Bagi Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kabupaten Tapin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Noormalasari.pdf

Download (571kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I semester II pada MI Muhammadiyah Rantau untuk mata pelajaran Matematika dengan menggunakan Metode Driil Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Muhammadiyah Rantau pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 31 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 sebesar 7,14% menjadi 8,85%, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan yaitu kemampuan siswa menjawab pertanyaan dan menyimpulkan pelajaran, maka pada siklus II kedua komponen tersebut sudah bagus dilaksanakan siswa; (2) Hasil belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan (akhir siklus 1) dengan rata-rata nilai/skor 6,51menjadi dengan rata-rata nilai/skor 9,03 di atas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran Matematika yang telah ditetapkan yaitu 65,00. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam materi penjumlahan mengalami peningkatan setelah pembelajaran dengan menggunakan metode drill pada mata pelajaran Matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Adjie Ramaji Raudah
Date Deposited: 14 Jul 2015 06:19
Last Modified: 14 Jul 2015 12:30
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item