EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Hubungan Antara Perhatian Orangtua yang Berlatar Belakang Petani dan Pegawai Negeri Sipil dengan Prestasi Belajar Qur’an Hadits pada Siswa MAN 1 Kandangan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Aulia, Noviyanti (2015) Hubungan Antara Perhatian Orangtua yang Berlatar Belakang Petani dan Pegawai Negeri Sipil dengan Prestasi Belajar Qur’an Hadits pada Siswa MAN 1 Kandangan Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (603kB) | Preview

ABSTRAK

Bahwa idealnya seorang anak memiliki prestasi belajar Qur’an Hadits yang baik jika anak tersebut mendapat perhatian yang tinggi atau cukup dari orangtuanya. Sebaliknya apabila orangtuanya acuh tak acuh terhadap anaknya maka akan berpengaruh negatif terhadap hasil yang dicapai. Sebab, seorang anak tentu membutuhkan figur terpercaya yang dapat membimbing, mengarahkan dan menjadi panutan. Disinilah urgensi orangtua karena keberadaannya sebagai lingkungan pertama dan yang paling dekat dikenal anak. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah seberapa tinggi tingkat perhatian orangtua siswa, bagaimana prestasi belajar Qur’an Haditsnya serta apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara perhatian orangtua yang berlatar belakang Petani dan Pegawai Negeri Sipil pada siswa MAN 1 Kandangan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI MAN 1 Kandangan tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 133 siswa. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 18 orang yang tersebar pada 6 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Adapun teknik pengolahan data menggunakan analisis statistik korelasional dengan rumus korelasi Koefisien Kontingensi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa perhatian orangtua siswa (Petani) memiliki nilai dengan rata-rata 79,67 lebih rendah dibandingkan perhatian orangtua siswa (Pegawai Negeri Sipil) yang memiliki nilai rata-rata 84. Sedangkan prestasi belajar Qur’an Hadits siswa (Anak Petani) memiliki nilai rata-rata 88,56 lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar siswa (Anak Pegawai Negeri Sipil) yang memiliki nilai rata-rata 83,67. Tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara perhatian orangtua (Petani) dengan prestasi belajar Qur’an Hadits pada siswa MAN 1 Kandangan tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien KK = 0,2 dimana pada taraf signifikansi 5% (0,2) < (0,666) dan pada taraf signifikansi 1% (0,2) < (0,798). Sedangkan tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara perhatian orangtua (Pegawai Negeri Sipil) dengan prestasi belajar Qur’an Hadits pada siswa MAN 1 Kandangan tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien KK = 0,17 dimana pada taraf signifikansi 5% (0,17) < (0,666) dan pada taraf signifikansi 1% (0,17) < (0,798).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Mahyuddin Noor
Date Deposited: 14 Jul 2015 06:18
Last Modified: 14 Jul 2015 06:18
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item View Item