EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SMPN 7 PELAIHARI

Boyke, Rella Abimanyu (2015) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SMPN 7 PELAIHARI. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Boyke1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Boyke4.pdf

Download (744kB) | Preview

ABSTRAK

Pemimpin pada hakikatnya adalah seorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain di dalam kerjanya dengan menggunakan kekuasaan. Sedangkan kepala sekolah terdiri dari dua kata, yakni kepala dan sekolah. Kata kepala bisa diartikan ketua atau pemimpin dalam suatu organisasi atau suatu lembaga dan sekolah adalah sebuah lembaga dimana menjadi tempat menerima dan memberi pelajaran Kinerja Guru adalah adalah suatu aktivitas yang ditunjukan oleh tenaga pengajar dalam tanggung jawabnya sebagai orang yang mengemban suatu amanat dan tanggung jawab untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, dan memandu peserta didik dalam rangka menggiring perkembangan peserta didik, dalam penelitian ini kinerja guru yang dinilai adalah kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Agar pelaksanaan kinerja dapat diimplementasikan dengan baik, maka diperlukan adanya kepemimpinan kepala sekolah yang memiliki kemampuan dalam membina anggotanya untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMPN 7 Pelaihari dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 7 Pelaihari, dan bagaimana kinerja guru di SMPN 7 Pelaihari. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik, yaitu prosentase, kualifikasi dan interval, serta Korelasi Kontingensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala SMPN 7 Pelaihari dalam proses pelaksanannya tergolong cukup baik. Nilai yang ditunjukkan dari rata rata mean variabel angket kepemimpinan kepala sekolah menunjukan nilai 43.80, yang apabila dikonsultasikan dengan nilai tabel kualitas kepemimpinan kepala sekolah masuk dalam interval nilai 38–50. Begitu juga dengan kinerja guru SMPN 7 Pelaihari dalam proses pelaksanaannya tergolong cukup baik, karena nilai yang ditunjukkan dari rata rata mean variabel angket kinerja guru sekolah menunjukan nilai 45.26, yang apabila dikonsultasikan dengan nilai tabel kualitas kinerja guru masuk dalam interval nilai 37-53. Sedangkan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah SMPN 7 Pelaihari mempunyai dampak/pengaruh yang positif terhadap kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan Korelasi Kontingensi, hasil Phi diperoleh adalah 0,85 dan

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Adjie Ramaji Raudah
Date Deposited: 14 Jul 2015 06:18
Last Modified: 14 Jul 2015 06:18
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item