EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

2014. Meningkatkan Hasil Belajar Aritmetika Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas II MI Nurul Fata II Banjarmasin. Skripsi,

Siti, Murkis (2015) 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Aritmetika Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas II MI Nurul Fata II Banjarmasin. Skripsi,. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (582kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aritmetika dasar dengan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas II MI Nurul Fata II Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas II MI Nurul Fata II Banjarmasin. Untuk itu direncanakan tindakan kelas selama dua siklus. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fata II Banjarmasin yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Kegiatan guru meningkatkan hasil belajar aritmetika dasar dengan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas II MI Nurul Fata II Banjarmasin sebagaiamana direncanakan guru sebelumnya berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru setiap pertemuan hingga mencapai katagori baik/84,6%. (2) Aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas II MI Nurul Fata II Banjarmasin cukup mendukung dan aktif, hal ini dapat dilihat pada observasi aktivitas siswa hingga mencapai katagori aktif/85,83%. (3) Hasil belajar aritmetika dasar dengan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas II MI Nurul Fata II Banjarmasin menunjukkan nilai yang meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1 siswa memperoleh nilai rata-rata 55,1 di bawah indikator ketuntasan belajar, meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 60,5 masih di bawah indikator ketuntasan belajar. Siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 67,3 masih dibawah indikator ketuntasan belajar meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi 71,87 sudah mencapai di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya (70,00).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 14 Jul 2015 06:18
Last Modified: 14 Jul 2015 06:18
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item