EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI HIMPUNAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VII MTs AL-IKHWAN BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Sumiati, Hj Ruhayah (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI HIMPUNAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VII MTs AL-IKHWAN BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Tarbiyah.

[img]
Preview
Text
iBAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
iBAB IV.pdf

Download (222kB) | Preview

ABSTRAK

Pembelajaran matematika khususnya pada materi Himpunan merupakan materi yang penting karena sangat berhubungan dengan kehidupan nyata. Mayoritas guru cenderung menggunakan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika, di mana guru lebih dominan menyampaikan materi sedangkan siswa terkesan pasif, sehingga mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa, menurunnya motivasi, dan prestasi belajar siswa. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe Word Square merupakan model pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak jawaban. Mirip seperti mengisi Teka-Teki Silang (TTS) tetapi bedanya jawabannya sudah ada namun disamarkan dengan menambahkan kotak tambahan dengan sembarang huruf/angka penyamar atau pengecoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Ikhwan yang diajarkan dengan model pembelajaran Word Square dan pembelajaran konvensional dalam materi Himpunan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode Pre-Experimental Design. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ikhwan. Kemudian diambil beberapa siswa dari populasi tersebut sebagai sampel dengan menggunakan sampling Sistematis yang dijadikan menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square) dan kelas kontrol (menggunakan pembelajaran konvensional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dan pembelajaran konvensional. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square terbukti lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. .

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 14 Jul 2015 06:15
Last Modified: 14 Jul 2015 06:15
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item