EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pola Pembentukan Karakter Takwa Pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Kota Banjarmasin (Studi Multi Kasus MTsN Mulawarman, SMPN 6, dan SMPIT Ukhuwah)

Ahmad, Ustuhri (2015) Pola Pembentukan Karakter Takwa Pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Kota Banjarmasin (Studi Multi Kasus MTsN Mulawarman, SMPN 6, dan SMPIT Ukhuwah). Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

ABSTRAK

Perilaku menyimpang pada remaja di Indonesia semakin memprihatinkan. Media informasi marak memberitakan hal tersebut, khususnya berkaitan dengan pornografi dan pornoaksi. Sebuah riset menyatakan bahwa Indonesia menempati urutan pertama sebagai pengakses situs porno, umumnya dilakukan oleh anak di bawah umur. Fenomena ini mengindikasikan bahwa sedang berlangsung dekadensi moral pada remaja Indonesia, tidak terkecuali di Kota Banjarmasin. Para ahli mengungkapkan, salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku seksual remaja disebabkan oleh rendahnya nilai agama. Pandangan tersebut mendorong penulis untuk meninjau pelaksanaan pembinaan remaja di sekolah-sekolah, dengan meneliti pola pembentukan karakter takwa di tiga sekolah favorit di Kota Banjarmasin, yaitu MTs Negeri Mulawarman, SMP Negeri 6, dan SMPIT Ukhuwah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif (qualitative research) dengan rancangan studi multi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, pengamatan berpartisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian studi multi kasus, data dianalisis berdasarkan kasus individu dan lintas kasus. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf, karyawan, pembina ekskul, osis, siswa, dan orang tua. Temuan penelitian menunjukkan: (1) Pola pembentukan karakter takwa di tiga sekolah menggunakan pola integratif-holistik dengan corak yang beragam; MTs Negeri Mulawarman bercorak Islam kultur Banjar, seperti pada kegiatan batamat; SMP Negeri 6 bercorak multi kultur, seperti pada kegiatan buka pasa bersama; dan SMPIT bercorak Islam sunnah nabawi, seperti pada kegiatan puasa sunah Senin-Kamis; (2) Masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahannya; kelebihan tiga sekolah ini bermula dari tipologi itu sendiri; adapun kelemahannya pada umumnya terletak pada sarana prasarana yang tidak representatif dan proporsional, keterlibatan guru dan staf yang rendah pada praktik salat fardu berjamaah, kecuali pada SMPIT Ukhuwah; (3) Model pola pembentukan integratif-holistik dengan mengelaborasikan teori komponen karakter Lickona dengan teori Kirschenbaum, yaitu memasukan komponen karakter ke dalam pola pembentukan karakter di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:14
Last Modified: 14 Jul 2015 04:14
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item