EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

2014. Strategi Pengenalan dan Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Islam Terpadu Qurrata A’yun Desa Parincahan Kecamatan kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi,

Mifti, Mufidah (2015) 2014. Strategi Pengenalan dan Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Islam Terpadu Qurrata A’yun Desa Parincahan Kecamatan kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi,. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (228kB) | Preview

ABSTRAK

Pendidikan pada anak usia dini sangat penting dilaksanakan karena pada masa ini anak sangat peka terhadap informasi maupun pesan yang ada dilingkungannya. Dengan kesempatan yang seperti ini maka pengenalan akhlak sangat penting dilakukan sehingga akhlak tersebut dapat tertanam dalam jiwanya dan ikut tumbuh bersamanya ke masa yang akan datang. Agar pengenalan akhlak dapat dilakukan secara optimal, maka perlu strategi dalam melakukakannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana strategi pengenalan dan penanaman nilai-nilai akhlak pada anak usia dini di Kelompok Bermain Islam Terpadu Qurrata A’yun Desa Parincahan Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengenalan dan penanaman nilai-nilai akhlak pada anak usia dini di Kelompok Bermain Islam Terpadu Qurrata A’yun Desa Parincahan kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah sepuluh orang guru di Kelompok Bermain Islam Terpadu Qurrata a’yun Desa Parincahan Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi data, dan interpretasi data. Data tersebut dianalisa dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan disimpulkan dengan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dalam pengenalan dan penanaman nilai-nilai akhlak pada anak usia dini yang ada di Lembaga Kelompok bermain Islam Terpadu Qurrata A’yun berjalan dengan baik, hal ini terlihat pada perencanaan berupa rencana kegiatan harian (RKH) yang dibuat oleh guru-guru di Kelompok Bermain Islam Terpadu Qurrata A’yun yang mencantumkan nilai karakter yang ingin dicapai. Pada Pelaksanaan pembelajarannya mengintegrasikan nilai-nilai akhlak ke dalam kegiatan pembelajaran dengan berbagai metode dan media yang disesuaikan dengan tema dan sentra yang ditempati serta sesuai dengan anak usia dini. Adapun pada evaluasi dalam pembelajarannya guru melakukannya dengan objektif dan penilaian langsung dilakukan pada saat kegiatan berlangsung dengan mengisi lembar penilaian harian serta bekerjasama dengan orang tua siswa sehingga perkembangan anak dapat dilihat lebih maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:14
Last Modified: 14 Jul 2015 04:14
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item