EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi dan Kegunaannya Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas II MI AL Hilal Rantau

Musliani, Aransyah Rusdi (2015) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi dan Kegunaannya Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas II MI AL Hilal Rantau. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (527kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II semester II pada MI AL Hilal untuk mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II pada MI AL Hilal pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 12 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Observasi Kegiatan Pembelajaran Siklus I dimulai dari rata-rata 91,67% kemudian sudah berhasil mencapai rata-rata 100% pada akhir Siklus II. Hasil ini didapat dengan terpenuhinya semua poin yang harus dicapai Guru. (2) Observasi Aktifitas Siswa dalam KBM Pertemuan Pertama Siklus I dimulai dari rata-rata 60% kemudian mencapai rata-rata 83,63% pada akhir Siklus II. Hasil ini didapat dengan terpenuhinya 46 poin dari total 55 poin yang harus dicapai siswa. Sudah bisa dikatakan bahwa siswa sudah aktif karena skor sudah mencapai angka 4 dan 5. (3) Hasil Tes Belajar Siswa Pertemuan Pertama dan Kedua Siklus I dimulai dari rata-rata 66,67 kemudian mencapai rata-rata 85 pada akhir Siklus II di atas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan yaitu 70. Secara keseluruhan hasil akhir pembelajaran IPA khususnya materi Sumber Energi dan Kegunaannya melalui model think pair share dinyatakan tuntas

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:10
Last Modified: 14 Jul 2015 04:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item