EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

2014. Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Metode Bermain Peran Kelas V MI Al Hidayah 2 Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi

Dahlina, Dahlina (2015) 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Metode Bermain Peran Kelas V MI Al Hidayah 2 Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (461kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi kebebasan berorganisasi menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V MI Al Hidayah 2 Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan.. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al Hidayah 2 pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 26 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentasi ketuntasan 30% dan nilai rata-rata siswa hanya 72,15 meningkat pada siklus II dengan persentasi ketuntasan 100% dan nilai rata-rata siswa 81,84. (2) Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai skor 65,7 pada pertemuan 1 dan 77,14 pada pertemuan 2 dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 88,57 pada pertemuan 1 dan 94,28 pada pertemuan 2 dengan kategori tinggi. Siswa sangat antusias dan aktif dalam pembelajaran menggunakan metode bermain peran. (3) Guru sudah mampu mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran. Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi tinggi. Hal ini didasarkan dari nilai skor 73,75 pada pertemuan 1 dan 76,25 pada pertemuan 2 di siklus I menjadi 82,5 pada pertemuan 1 dan 85 pada pertemuan 2 di siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:08
Last Modified: 14 Jul 2015 04:08
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item View Item