EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

2014. Praktik Utang piutang Bersyarat Untuk Tanaman Jagung (di Kalangan Masyarakat Desa Sukaramah Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut). Skrips

Jailani, Jailani (2015) 2014. Praktik Utang piutang Bersyarat Untuk Tanaman Jagung (di Kalangan Masyarakat Desa Sukaramah Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut). Skrips. Skripsi, Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (511kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang dari kendala yang dihadapi sebagian petani jagung adalah tidak adanya modal untuk tanam. Untuk memenuhi kebutuhan modal tersebut, para petani berutang kepada tengkulak (kreditur) kemudian tengkulak mensyaratkan kepada petani untuk menjual hasil panennya kepada tengkulak yang meminjamkan utang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transaksi praktik utang piutang bersyarat untuk tanaman jagung dan dampaknya terhadap masyarakat di Desa Sukaranah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu melakukan penelitian terhadap permasalahan praktik utang piutang bersyarat untuk tanaman jagung yang dilakukan masyarakat Desa Sukaramah setiap akan menanam jagung dan ketika akan panen tiba. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara dengan responden dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dengan melihat kasus di lapangan, yaitu melakukan pembahasan terhadap data yang telah didapat dengan mengacu pada landasan teoritis yang ada. Dari hasil penelitian pada gambaran praktik utang bersyarat untuk tanaman jagung di kalangan masyarakat Desa Sukaramah ada dua variasi syarat yang nampak terlihat, yaitu: Syarat pertama petani diharuskan menjual hasil panennya kepada tengkulak (kreditur) dengan harga di bawah standar harga pasar. Syarat yang kedua setiap kali panen jagung tiba petani juga diberi beban tambahan sebesar 10 % hingga 20 %. Dari syarat tersebut menimbulkan dampak kerugian dan efek jera yang dialami petani, penyebab dari dampak tersebut yaitu, adanya syarat oleh kreditur membeli jagung lebih rendah dari harga pasaran merupakan harga yang kurang memuaskan, dan adanya tambahan beban yang mengurangi keuntungan serta menambah utang ketika petani gagal panen.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:12
Last Modified: 14 Jul 2015 04:12
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item