EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

2014. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Berbalas Pantun Melalui Metode Kerja Kelompok pada Siswa Kelas IV MI Al Hilal Rantau

Nor, Aminah (2015) 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Berbalas Pantun Melalui Metode Kerja Kelompok pada Siswa Kelas IV MI Al Hilal Rantau. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview

ABSTRAK

Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang masih kurang memuaskan, karena kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi, Berbalas Pantun melalui Metode Kerja Kelompok. Ini disebabkan karena metode pembelajaran guru tidak bervariasi, hanya menggunakan metode ceramah. Hasil belajar siswa kelas IV MI Al Hilal pada tahun pelajaran 2012/2013 dan 2013/2014 untuk pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Berbalas Pantun melalui Metode Kerja Kelompok nilainya kurang memuaskan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang penggunaan Metode Kerja Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa MI Al Hilal. Dengan metode tersebut dapat dijadikan pengalaman, mengajak siswa beraktivitas, melatih untuk ketelitian, kecermatan dan ketepatan serta kecepatan sehingga dapat mengembangkan dan menggali potensi yang ada pada diri siswa. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada materi Bebalas Pantun melalui Metode Kerja Kelompok. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian menggunakan rancangan PTK dengan melakukan 2 siklus pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah observasi kegiatan guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Al Hilal tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 18 orang Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas dan hasil belajar meningkat, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh hasil dengan nilai rata-rata 65,2 dan pada siklus II memperoleh hasil dengan nilai rata-rata 79,9 begitu juga dengan aktifitas guru dan aktifitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi berbalas pantun juga mengalami peningkatan Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui Metode Kerja kelompok hasil belajar meningkat dan hipotesa diterima. Saran dari penelitian ini agar pembelajaran lebih bermakna, hendaklah para pendidik menggunakan metode-metode pembelajaran yang berbeda-beda dan yang bisa memotivasi siswa untuk belajar aktif sehingga siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:12
Last Modified: 14 Jul 2015 04:12
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item