EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Materi Kitabah Kelas Vb di MIN Kertak Hanyar II Kab. Ba

Husna, Jahratul (2015) Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Materi Kitabah Kelas Vb di MIN Kertak Hanyar II Kab. Ba. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (214kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Arab siswa kelas Vb di MIN Kertak Hanyar II Kab. Banjar dan faktorfaktor yang mempengaruhi problematika tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vb MIN Kertak Hanyar II yang berjumlah 21 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah problematika pembelajaran materi kitabah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, dan klasifikasi datayang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa problematika pembelajaran kitabah kelas Vb MIN Kertak Hanyar II tergolong sedang. dilihat dari lambat dalam menulis, tidak bisa menyambung huruf, membedakan tulisan antara huruf yang satu dengan huruf yang lainnya, dan menulis huruf Lam yang terletak sebelum huruf syamsiyyah. kenapa jadi penulis mengatakan problem yang di alami siswa dalam pembelajaran di katakan sedang? Karena siswa yang mengalami problematika hanya sebagian. Faktor-faktor yang mempengaruhi problematika pembelajaran bahasa Arab kelas Vb di MIN Kertak Hanyar II meliputi faktor minat dan perhatian yang tergolong sedang atau hanya sebagian diantara siswa yang berminat dan perhatian terhadap pelajaran bahasa Arab, adapun aktivitas siswa tergolong sedang atau kurang mendukung dalam menulis materi kitabah bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya keaktifan siswa dalam bertanya dan mengerjakan tugas bahasa Arab yang diberikan guru. Adapun faktor guru bahasa Arab termasuk dalam kategori sedang atau cukup baik karena pada saat observasi guru membawakan materi pelajaran dengan baik walaupun tidak banyak sarana yang mendukung dalam pembelajaran.fasilitas berupa buku paket bahasa arab di perpustakaan yang kurang memadai dan tidak adanya media pembelajaran bahasa Arab yang digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 14 Jul 2015 01:28
Last Modified: 14 Jul 2015 01:28
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item