EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Konsep Kurikulum Pendidikan Islam (Refleksi Pemikiran Al-Ghazali)

Syaifuddin, Sabda (2008) Konsep Kurikulum Pendidikan Islam (Refleksi Pemikiran Al-Ghazali). Antasari Press.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview

ABSTRAK

Buku yang berjudul: "Konsep Kurikulum Pendidikan Islam (Refleksi Pemikiran Al-Ghazali" ini dimaksudkan untuk mengungkap tentang konsep kurikulum pendidikan Islam yang direfleksikan dari pemikiran al-Ghazali yang disoroti dari sudut pandang konsep kurikulum pengembangan kurikulum, yang meliputi dasar kurikulum (filosofis, psikologis, dan sosiologis) dan gagasan desain kurikulumnya (tujuan, materi, organisasi, dan sistem pelaksanaan kurikulum pendidikan Islam). Secara filosofis, al-Ghazali memandang bahwa manusia berasal dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan.nDengan demikian, pendidikan merupakan pembinaan pada diri manusia untuk dapat dekat kepada Tuhan dan dengan itu tercapailah kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu desain kurikulum (tujuan, materi, organisasi, dan sistem pelaksanaan kurikulum pendidikan Islam) harus dikembankan dalam kerangkanuntuk mewujudkan kebahagiaan di dunia dan untuk akhirat itu. Secara psikologis, al-Ghazali memandang bahwa manusia memiliki daya-daya (junud al-qalb). Dengan daya-daya itulah manusia dapat mendapatkan ilmu pengetahuan. Setiap orang memiliki daya yang berbeda dan upaya pengerahannya juga berbeda serta cara yang ditempuh juga berbeda-beda, maka ilmu pengetahuan yang dicapai juga akan berbeda-beda. Oleh karena itu, konsp kurikulum pendidikan Islam harus dirancang dengan memperhatikan dasar psikologis manusia tersebut. Secara sosiologis, al-Ghazali memandang bahwa pada saat hidupnya terdapat berbagai macam golongan, masing-masing menyatakan dirinya paling benar. Di antara semua itu, menurutnya banyak sekali yang telah jatuh kepada kesesatan. Oleh karena itu, perlu ditunjukkan jalan yang benar. Ia berkesimpulan jalan yang benar ialah jalan yang kembali kepada Al-Quran dan Hadis. Berdasarkan dasar pemikiran al-Ghazali melahirkan gagasannya tentang kuriku¬lum. Tujuan kurikulum menurut al-Ghazali harus mengacu kepada tujuan pokok pendi¬dikan Islam, yaitu kedekatan diri kepada Allah dan keba¬hagiaan di dunia dan di akhirat. Materi kurikulum menurut al-Ghazali harus sejalan dengan tujuan. Oleh karena itu, materi yang dikembangkan harus mencakup ilmu syar`iyyah dan gair syar`iyyah. Ilmu syar`iyyah terdiri dari fard `ain dan fard. kifayah. Adapun ilmu gair syar`iyyah terdiri dari ilmu fard. kifayah, ilmu yang diutamakan tetapi bukan fard. Kifayah dan ilmu yang mubah (dibolehkan). Berkaitan dengan organisasi kurikulum, al-Ghazali memandang bahwa ilmu merupakan satu kesatuan (terintegrasi) menuju sasaran yang sama. Ia menggagas agar ilmu syar`iyyah fard. `ain dijadikan sebagai fokus dan ukuran dalam pengembangan ilmu lainnya. Organisasi kurikulum menurut Al-Ghazali tidak harus dikembangkan secara vertikal berdasarkan tingkat lembaga pendidikan, tetapi ia tetap memandang bahwa ilmu mempun¬yai tingkatan vertikal yang dipandang dari tingkatan ilmu secara alamiah. Berkaitan dengan sistem pelaksanaan kurikulum, al-Ghazali memandang perlu pelaksanaan secara bertahap dan kontinu sesuai dengan tingkat ilmu secara alami, disaji¬kan sesuai dengan tingkat kematangan psikologis peserta didik dan mereka diberi kebebasan untuk memilih ilmu yang dikembangkan.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Juhaidi Ahmad AJ
Date Deposited: 13 Jul 2015 06:36
Last Modified: 13 Jul 2015 06:36
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item View Item