EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada pelajaran IPS dengan Metode Teams Games Tournament (TGT) Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gambut Kabupaten Banjar

Nahdah, Hasyim (2015) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada pelajaran IPS dengan Metode Teams Games Tournament (TGT) Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gambut Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (779kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi di kelas IVb pada mata pelajaran IPS. Melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam materi Perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi di kelas IVb Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gambut sehingga dapat pula meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam materi perkembangan Teknologi komunikasi dan transportasi kelas IVb Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gambut Kabupaten Banjar. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas IVb Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gambut semester ganjil l tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara, diskusi antar guru dan data hasil dokumentasi. Berdasarkan penyajian setelah pembelajaran dilaksanakan diperoleh hasil penelitian bahwa dengan penerapan strategi kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Transportasi kelas IVb Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gambut Kab.Banjar sehingga dapat pula meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Aktivitas guru dalam pembelajaran meningkat dengan persentase 73,08% hingga mencapai 96,15% walaupun kelemahan yang paling mendasar adalah pelaksanaan pembelajaran tidak sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan. Aktivitas siswa juga semakin meningkat dengan rata-rata persentase 73,08% hingga mencapai 96,15%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara maksimal dilihat dari tes hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai pada pertemuan pertama yaitu 6,52 dan pertemuan kedua 7,00. Kemudian meningkat pada siklus II yakni pada pertemuan pertama 7,61 dan pada pertemuan kedua 7,95. Dengan demikian penelitian dapat dikatakan berhasil karena aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan serta sudah memenuhi standar ketuntasan minimal 7,00. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa strategi kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi kelas IVb Madrasah Ibtidaiyah Negeri gambut kabupaten Banjar sehingga dapat pula meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 13 Jul 2015 05:21
Last Modified: 13 Jul 2015 05:21
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item