EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Nurul Hikmah, Manajemen Kurikulum Madrasah Diniyah (Diniyah Takmiliyah Ulya) di Kabupaten Kapuas, Di bawah bimbimbingan I: Dr. Hj. Salamah, M.Pd. dan II: Dr. Ahmad Juhaidi, M.Pd.I, Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, (2015).

Hikmah, Nurul (2015) Nurul Hikmah, Manajemen Kurikulum Madrasah Diniyah (Diniyah Takmiliyah Ulya) di Kabupaten Kapuas, Di bawah bimbimbingan I: Dr. Hj. Salamah, M.Pd. dan II: Dr. Ahmad Juhaidi, M.Pd.I, Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, (2015). Tesis, Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin. (Unpublished) (Unpublished) (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (256kB) | Preview

ABSTRAK

Nurul Hikmah, Manajemen Kurikulum Madrasah Diniyah (Diniyah Takmiliyah Ulya) di Kabupaten Kapuas, Di bawah bimbimbingan I: Dr. Hj. Salamah, M.Pd. dan II: Dr. Ahmad Juhaidi, M.Pd.I, Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, (2015). Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Madrasah Diniyah Takmiliyah Jenjang Ulya. Kabupaten Kapuas adalah salah satu Kabupaten dari 14 kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah. Di mana Kabupaten ini memiliki 2 Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya yang tersebar di 2 Kecamatan. Pada awal tahun 2013 Kabupaten Kapuas memiliki tiga Madin Takmiliyah Ulya, namun pada awal Tahun Ajaran Baru 2014/2015 satu dari ke tiga Madin Takmiliyah Ulya tersebut ditutup karena banyak santri yang berhenti. Sebagian berasumsi bahwa salah satu penyebab nya adalah kurikulum yang dianggap terlalu susah untuk diikuti oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji, mengamati dan mendeskripsikan manajemen kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya di Kabupaten Kapuas, yang meliputi: Perencanaan kurikulum; Implementasi kurikulum; Organisasi Kurikulum; dan Evaluasi kurikulum. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Madin Ulya Nurul Hidayah dan di Madin Ulya Noor Hidayah Darussalam. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum Madrasah Diniyah jenjang Takmiliyah Ulya, dilihat dari perencanaan, yaitu penetapan tujuan dan program kurikulum dirancang berdasarkan hasil assesment. Assesment pada Madin Nurul Hidayah dilakukan oleh kepala madrasah, sementara Madin Noor Hidayah Darussalam assesment dilakukan oleh kepala madrasah bersama guru-guru. Implementasi kurikulum, pada Madin Nurul Hidayah menggunakan pembelajaran klasikal, kelompok dan individual, sementara Madin Noor Hidayah Darussalam dalam implementasi kurikulum hanya menggunakan pembelajaran klasikal dan individual. Organisasi Kurikulum yang berkaitan dengan mata pelajaran ditetapkan berdasarkan pertimbangan kebutuhan santri, ada tujuh mata pelajaran yang diajarkan pada Madin Nurul Hidayah yaitu tafsir, fikih, shorof, Nahwu, tauhid, akhlak dan tarikh. Selanjutnya pada Madin Noor Hidayah Darussalam ada 12 mata pelajaran yang diajarkan, yaitu tafsir, fikih, shorof, nahwu, tauhid, akhlak, tarikh, balaghah, mantiq, ‘arud, hadits, dan faraidh. Evaluasi Kurikulum pada Madin Nurul Hidayah menggunakan model Raph Tyler model evaluasi kurikulum yang digunakan di Madin Noor Hidayah Darussalam adalah model evaluasi Alkin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nurul Hikmah
Date Deposited: 15 Dec 2015 01:01
Last Modified: 15 Dec 2015 01:01
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/3320

Actions (login required)

View Item View Item