EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sifat-sifat Bangun Datar Sederhana Melalui Media Kartu Siswa Kelas III MIN Kembang Kuning Pinang Habang Kecamatan Amuntai Tengah Hulu Sungai Utara. Skripsi

Siti, Asiah (2015) 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sifat-sifat Bangun Datar Sederhana Melalui Media Kartu Siswa Kelas III MIN Kembang Kuning Pinang Habang Kecamatan Amuntai Tengah Hulu Sungai Utara. Skripsi. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (662kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengenai sifat-sifat bangun datar sederhana dengan menggunakan media kartu gambar siswa kelas III MIN Kembang Kuning Pinang Habang Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara melalui media kartu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III MIN Kembang Kuning Pinang Habang pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakana dalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 sebesar 60% menjadi 90%, jika pada siklus 1 masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan yaitu kurangnya siswa dalam mendengarkan penjelasan guru, tidak mempunyai keberanian untuk bertanya dan tidak semua siswa antusias mengikuti pelajaran terutama pada keaktifan dalam mengerjakan tugas yang diberikan, maka pada siklus II ketiga komponen tersebut (mendengarkan penjelasan, keberanian berbicara dan antusias mengikuti pelajaran) sudah bagus dilaksanakan siswa dalam kelompoknya; (2) Hasil rata-rata belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan sebesar 63,33% (akhir siklus 1) menjadi 79,44% (akhir siklus 2) di atas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran Matematika yang telah ditetapkan yaitu 70,00; (3) Hasil peningkatan penguasaan siswa secara kelompok juga mengalami peningkatan yaitu dari kategori baik (akhir siklus 1) menjadi kategori amat baik (akhir siklus 2).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 13 Jul 2015 03:02
Last Modified: 13 Jul 2015 03:02
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item