EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII MTs INAYATUTHTHALIBIN BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Rahmattyah, Rahmattyah (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII MTs INAYATUTHTHALIBIN BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text
zBAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
zBAB V.pdf

Download (15kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa siswa akan lebih memahami pelajaran apabila siswa dapat menghubungkan isi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Kurangnya pemahaman terhadap materi matematika karena kebanyakan siswa tidak mengerti untuk apa kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Siswa tidak dapat menghubungkan antara pelajaran dengan dunia nyata. Kurangnya pemahaman tersebut juga terlihat di Madrasah Tsanawiyah Inayatuththalibin Banjarmasin. Dalam kegiatan pembelajaran hanya sedikit siswa yang aktif. Guru mata pelajaran matematika sering mengulangi menjelaskan materi. Siswa tidak mengerti dan bingung mengkonstruksi pelajaran dalam pikiran mereka. Hal ini diperkirakan yang menyebabkan masih rendahnya hasil belajar siswa MTs Inayatuththtalibin. Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang menghubungkan materi yang dipelajari dengan konteks kehidupan nyata dan bertujuan mengajak siswa dalam proses pembelajaran sehingga dengan begitu siswa dapat memahami maksud dari materi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII MTs Inayatuththalibin Banjarmasin yang berjumlah 130 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII D yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Materi yang diajarkan adalah perbandingan. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai UTS semester I dan nilai tes akhir sebagai data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Namun jika dilihat dari nilai rata-rata tes akhir, hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata 71,34 lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas kontrol dengan rata-rata 69,19. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 13 Jul 2015 03:02
Last Modified: 13 Jul 2015 03:02
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item