EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

2014. Pelaksanaan Supervisi Pendidikan dalam Manajemen Berbasis Madrasah di MAN 2 Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Skripsi

Mauly, Sihombing (2015) 2014. Pelaksanaan Supervisi Pendidikan dalam Manajemen Berbasis Madrasah di MAN 2 Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Skripsi. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (197kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi atas penerapan MBM di MAN 2 Martapura dan pelaksanaan supervisi oleh kepala madrasah dan pengawas. Penelitian Pelaksanaan Supervisi Pendidikan dalam Manajemen Berbasis Madrasah di MAN 2 Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Supervisi Pendidikan dalam Manajemen Berbasis Madrasah di MAN 2 Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, dan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengawas dari luar, kepala madrasah, tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan, serta komite madrasah. Sedangkan objeknya yaitu Pelaksanaan Supervisi Pendidikan dalam Manajemen Berbasis Madrasah di MAN 2 Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhinya. Data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah pengawas, kepala madrasah, komite madrasah selaku responden. Kepala madrasah, komite madrasah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan selaku informan, serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan simpulan pelaksanaan Supervisi Pendidikan dalam Manajemen Berbasis Madrasah di MAN 2 Martapura Kecamatan Martapura Kabupeten Banjar sudah terlaksana. Hal ini terlihat dari pelaksanaan supervisi dalam bidang manajemen kurikulum, manajemen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, manajemen sarana prasarana, manajemen humas yang dilakukan oleh kepala madrasah tidak berdasarkan instrumen, dan perencanan yang telah dibuat, dengan metode langsung untuk memberikan teguran dan arahan. Sedangkan supervisi yang dilakukan pengawas berdasarkan instrumen, dengan metode langsung memantau kesesuaian data yang ada dengan kegiatan yang dilakukan. Dan khusus untuk manajemen sarana prasarana pengawas tidak ikut melakukan pengawasan. Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Supervisi Pendidikan dalam Manajemen Berbasis Madrasah di MAN 2 Martapura Kecamatan Martapura Kabupeten Banjar, yaitu sebagai berikut: Sumber daya manusia di MAN 2 Martapura untuk pengawas, kepala madrasah dan wakamad rata-rata S2, untuk para guru rata-rata S1. Kurangnya Pemahaman khususnya dari masyarakat atau komite madrasah mengenai penerapan MBM sehingga mereka masih kurang berperan dalam pengembangan pembelajaran dan hanya terbatas fokus dengan pengadaan dana. Sebagian guru yang juga masih kesulitan mengembangkan isi mata pelajaran. Waktu untuk kepala madrasah dan pengawas masih sangat terbatas dalam melakukan supervisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 13 Jul 2015 02:15
Last Modified: 13 Jul 2015 02:15
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item