EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pengaruh Penerapan Model-Model Pembelajaran yang Variatif pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut Kabupaten Banjar

Bulqiah, Hasan (2015) Pengaruh Penerapan Model-Model Pembelajaran yang Variatif pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I - V.pdf

Download (428kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan model-model pembelajaran yang variatif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Masalah yang ingin diteliti adalah apa saja model-model pembelajaran yang diterapkan dan bagaimana pengaruh penerapan model-model pembelajaran yang variatif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut Kabupaten Banjar? Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis model pembelajaran yang diterapkan dan pengaruh penerapan model-model pembelajaran yang variatif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak dan seluruh siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut Kabupaten Banjar yang berjumlah 550 orang, sedangkan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive random sampling dengan mengambil 50 orang siswa sebagai sampel penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengukur secara jelas pengaruh penerapan modelmodel pembelajaran yang variatif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Modelmodel pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Aqidah Akhlak adalah model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), model pembelajaran mencari pasangan (make a match) dan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). 2) Analisis pengaruh penerapan model-model pembelajaran yang variatif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut Kabupaten Banjar yang meliputi: a) Data tentang pengaruh penerapan model-model pembelajaran yang variatif terhadap prestasi belajar siswa berdistribusi normal. b) Signifikansi pada pengaruh penerapan model-model pembelajaran yang variatif terhadap prestasi belajar siswa adalah 0,000 jauh dibawah 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model-model pembelajaran yang variatif terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 13 Jul 2015 02:03
Last Modified: 13 Jul 2015 02:03
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item