EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN METODE KERJA KELOMPOK SISWA DI KELAS V MIN TELAGA BAMBAN KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Wahyudin, Wahyudin (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN METODE KERJA KELOMPOK SISWA DI KELAS V MIN TELAGA BAMBAN KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I_BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Proses belajar mengajar mata pelajaran IPS khususnya mengenai materi menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di MIN TelagaBambanKabupatenHulu Sungai Utara, selama ini masih terkesan monoton dan tidak ada variasi dalam pembelajaran, hal ini mengakibatkan siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan, perhatian siswa yang kurang ini mempengaruhi pemahaman dan pada tahap selanjutnya akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa tersebut. Tujuanpenelitianiniadalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester II di MIN Telaga Bamban untuk mata pelajaran IPS mengenai materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Telaga Bamban pada semester II tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 20 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan untuk analisis data menggunakan rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1)Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 yaitu sebesar 68 % menjadi 90 %, jika pada siklus 1 masih ada komponen yang harus ditingkatkan yaitu kerja sama / toleransi dan kemampuan siswa yang memiliki keampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan rendah, maka pada siklus II komponen tersebut (kerja sama/tolorensi dan partisipasi) sudah dapat dilaksanakan siswa dalam kelompoknya; (2)Hasil belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan dari 60 % ( akhir siklus I ) dengan nilai rata-rata 68,00, menjadi 90 % ( akhir siklus II ) dengan nilai rata-rata 80,00, di atas standar Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )mata pelajaran IPS pada MIN Telaga Bamban yang telah ditetapkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Mahyuddin Noor
Date Deposited: 13 Jul 2015 02:04
Last Modified: 13 Jul 2015 02:04
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item