EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

BUDAYA ORGANISASI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA PADA SMA NEGERI 1 DAN MA AL-IHSAN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR

Mursiah, Katup (2015) BUDAYA ORGANISASI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA PADA SMA NEGERI 1 DAN MA AL-IHSAN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR. Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (629kB) | Preview

ABSTRAK

Budaya organisasi yang berkembang di SMA Negeri 1 dan MA Al-Ihsan Tanah Grogot, dapat dikembangkan menjadi sebuah program yang sangat penting dalam pembinaan akhlak mulia, sehingga para siswa mampu menemukan kembali jati diri mereka melalui berbagai budaya organisasi yang juga syarat unsur keagamaan, mewujudkan perilaku siswa lebih terpola dan terarah. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berbagai budaya sekolah yang berhubungan erat dalam pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 1 dan MA Al-Ihsan Tanah Grogot dan faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara (interview), dan dokumen. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan, menuturkan, dan melukiskan serta mendapatkan suatu kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian tentang budaya organisasi dalam pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 1 dan MA Al-Ihsan Tanah Grogot, meliputi: (a) persatuan spiritual (peringatan hari besar keagamaan); (b) istighasah dan doa bersama; (c) berbusana muslim; (d) salat zuhur berjama’ah; (e) tadarrus Al-Qur’an; (f) saling menghormati dan toleransi; (g) disiplin dan taat aturan; (h) membudayakan 5S; (i) kejujuran dan; (j) budaya bersih. Faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 1 dan MA Al-Ihsan Tanah Grogot, meliputi: (a) faktor internal dari dalam lingkungan sekolah/madrasah: 1. pribadi anak; 2. faktor guru; 3. faktor sarana terutama buku-buku pendidikan Islam. (b) faktor eksternal, meliputi: 1. lingkungan keluarga; 2. sekolah dan sosial/masyarakat; 3. media teknologi dan komunikasi. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa budaya sekolah yang berhubungan dengan pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 1 dan MA Al-Ihsan Tanah Grogot sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 25 Jun 2015 06:13
Last Modified: 25 Jun 2015 06:13
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item View Item