EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Bertajwid Dengan Metode Drill Pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Huda Kuin Selatan Banjarmasin

Rifani, Fazrin (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Bertajwid Dengan Metode Drill Pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Huda Kuin Selatan Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (237kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa meningkatnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran dengan bertajwid sangatlah perlu. Untuk itu dilakukan penelitian dengan menggunakan metode drill. Metode drill adalah suatu metode dalam penyampaian pelajaran dengan menggunakan latihan terus menerus sampai anak didik memiliki ketangkasan yang diharapkan. Diketahui, bahwa sebagian siswa MTs Al-Huda Kuin Selatan Banjarmasin masih ada yang belum lancar dalam membaca Al-Quran sehingga peneliti mempunyai inisiatif untuk menggunakan metode drill sebagai alat dalam pembelajaran ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran bertajwid melalui metode drill pada siswa kelas VIII MTs Kuin Selatan Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Huda Kuin Selatan Banjarmasin dengan jumlah siswa 38 orang yang terdiri dari laki-laki 19 orang dan perempuan 19 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, obsevasi, dan wawancaradengan guru dan siswa tentang kegiatan pembelajaran. Dalam analisis data penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dalam penarikan kesimpulan menggunakan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Quran bertajwid pada siswa kelas VIII berjalan dengan baik. Ini adalah hasil penelitian observasi kegiatan pembelajaran guru siklus I yaitu 82,14% dan siklus II 100%. Kemudian observasi aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar yaitu siklus I 74% dan siklus II 88%. Kemudian hasil tes belajar siswa dalam membaca Al-Quran dengan nilai rata-rata adalah siklus I 7,65% dan siklus II 8,18%. Jadi kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran bertajwid dengan metode drill adalah sangat efektif dilihat dari adanya peningkatan hasil dalam pertemuan tiap siklus.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 10 Jul 2015 06:49
Last Modified: 10 Jul 2015 06:49
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item