EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pembelajaran Bangun Datar Dengan Pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Pada Siswa Kelas VII SMPN 16 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2013/2014

Rahmina, Fathana Eka (2015) Pembelajaran Bangun Datar Dengan Pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Pada Siswa Kelas VII SMPN 16 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
1-5 revisi.pdf

Download (624kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pendekatan reciprocal teaching dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif mengatasi permasalahan kurangnya pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar karena pendekatan ini lebih mendominasikan pada siswa dimana siswa tidak lagi pasif mendengarkan tetapi juga aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pembelajaran bangun datar dengan pendekatan reciprocal teaching pada siswa kelas VII SMPN 16 Banjarmasin tahun pelajaran 2013/ 2014 (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran bangun datar dengan pendekatan reciprocal teaching pada siswa kelas VII SMPN 16 Banjarmasin tahun pelajaran 2013/2014 (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran bangun datar dengan pendekatan reciprocal teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode gabungan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII C SMPN 16 Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah pembelajaran bangun datar yang meliputi pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar siswa dengan pendekatan reciprocal teaching. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bangun datar dengan pendekatan reciprocal teaching di SMPN 16 Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik. Pembelajaran bangun datar dengan pendekatan reciprocal teaching membuat siswa menjadi lebih aktif. Hal ini terbukti dari peningkatan rata-rata aktifitas siswa di setiap pertemuan. kemudian hasil belajar siswa pada pertemuan I-III memperoleh ketuntasan 84,37% dengan nilai total rata-rata 89,5 dalam kualifikasi baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 10 Jul 2015 06:47
Last Modified: 10 Jul 2015 06:47
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item