EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V MIN ANJIR MUARA KM20 KEC. ANJIR MUARA KAB. BARITO KUALA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Mardiah, Badian (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V MIN ANJIR MUARA KM20 KEC. ANJIR MUARA KAB. BARITO KUALA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Tesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (359kB) | Preview

ABSTRAK

Salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran adalah model pembelajaran. Model pembelajaran dimaksudkan sebagai pola interaksi siswa dengan guru di kelas yang menyangkut strategi, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Mayoritas guru matematika cenderung menerapkan model konvensional pada pembelajaran matematika dimana peran guru sangat dominan sementara hasil belajar matematika siswa di Indonesia, khususnya pada jenjang pendidikan menengah masih sangat memprihatinkan. Salah satu model pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif dalam belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran dimana siswa dalan satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri dari 3-5 siswa yang anggotanya heterogen kemampuannya, ras, budaya, suku dan jenis kelamin. Disamping itu, Operasi hitung Bilangan bulat merupakan materi yang dirasakan cukup sulit untuk dikuasai siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran logika matematika antara kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional, serta untuk mengetahui persepsi siswa terhadap model kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN Anjir Muara KM. 20 Kec. Anjir Muara Kab. Barito Kuala Tahun Pelajaran 2010/2011. Materi yang diajarkan adalah Operasi hitung Bilangan bulat. Sumber data adalah siswa, guru dan teman sejawat. Untuk mengetahui persepsi siswa digunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa, penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan rata-rata hasil ulangan harian siswa, dan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pembelajaran matematika lebih menyenangkan. Model pembelajarn kooperatif tipe Jigsaw dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan ketrampilan siswa dalam memahami pelajaran khususnya operasi hitung bilangan bulat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 25 Jun 2015 06:05
Last Modified: 25 Jun 2015 06:05
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/24

Actions (login required)

View Item View Item