EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

2013. Strategi Pembelajarn Pendidikan Kewarganegaraan pada Aspek Moral Siswa MI al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin.

Riduansyah, Bahran (2015) 2013. Strategi Pembelajarn Pendidikan Kewarganegaraan pada Aspek Moral Siswa MI al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX BAB 1 - BAB V.pdf

Download (518kB) | Preview

ABSTRAK

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pendidikan yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajiban untuk menjadi warga negara yang berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Tujuan pendidikan Kewarganegaraan adalah partisipasi yang penuh nalar dan tanggung jawab dalam kehidupan politik dari warga negara yang taat pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar demokrasi konstitusional Indonesia. Partisipasi warga negara yang efektif dan penuh tanggung jawab memerlukan penguasaan seperangkat ilmu pengetahuan dan keterampilan intelektual serta keterampilan untuk berperan serta. Partisipasi yang efektif dan bertanggung jawab itu ditingkatkan lebih lanjut melalui pengembangan disposisi atau watak-watak tertentu yang meningkatkan kemampuan individu berperan serta dalam proses politik dan mendukung berfungsinya sistem politik yang sehat serta perbaikan masyarakat. Dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada aspek moral siswa kelas VA di MI Al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin guru menggunakan pendekatan kontekstual dan Cooperative Learning, metode diskusi, tanya jawab, ceramah dan penugasan, sedangkan strategi yang digunakan adalah strategi ekspositori dan inquiry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah seorang guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VA di MI Al-Istiqamah pekapuran Raya banjarmasin . Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang lebih banyak digunakan guru kelas VA dalam pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan adalah strategi pembelajaran ekspositori. Pembelajaran dilakukan dengan ceramah, dan hal ini membuat guru lebih aktif dibandingkan siswanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Asma Wardah
Date Deposited: 10 Jul 2015 08:59
Last Modified: 10 Jul 2015 08:59
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item