EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Motede Team Teaching pada Pembelajaran Materi Matriks di Kelas XII MA Al-Istiqamah Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015

Rahmadi, Deddy (2015) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Motede Team Teaching pada Pembelajaran Materi Matriks di Kelas XII MA Al-Istiqamah Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

ABSTRAK

Seorang guru sebagai kunci utama dalam suksesnya pembelajaran dituntut untuk cermat dalam memilih metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan agar pembelajaran lebih efektif dan efisien, serta mampu memotivasi peserta didik dalam belajar. Ada beberapa metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran salah satunya adalah team teaching, karena dalam metode ini siswa dapat memperoleh bimbingan dan perhatian yang maksimal dari dua orang guru yang terlibat dalam Team Teaching. Metode ini dipandang lebih tepat jika digunakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dalam proses belajar mengajar. Numbered Heads Together (NHT) merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang dikembangkan untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen dan apakah model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan metode Team Teaching efektif digunakan pada pembelajaran materi matriks di kelas XII MA PP. Al-Istiqamah Banjarmasin tahun pelajaran 2014/2015 Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa XII MA PP. Al-Istiqamah Banjarmasin dan sampel penelitian adalah kelas XII A dan kelas XII B MA PP. Al-Istiqamah Banajarmasin. Kelas XII A sebagai kelas eksperimen dan kelas XII B sebagai kelas kontrol. Materi yang diajarkan adalah matriks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas kontrol dengan kategori sangat baik dan di kelas eksperimen dengan kategori baik dan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT dan metode team teaching dengan pembelajaran menggunakan model konvensional pada materi matriks di kelas XII MA PP. Al-Istiqamah Banjarmasin sama-sama menunjukkan hasil belajar dengan kategori baik dan rata-rata setiap pertemuan kedua kelas mengalami peningkatan. Akan tetapi nilai rata-rata di kelas kontrol lebih baik daripada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran setiap pertemuan berada pada kategori baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT dan metode team teaching dengan pembelajaran konvesional efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 09 Jul 2015 05:38
Last Modified: 09 Jul 2015 05:38
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item