EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pengaruh Label iB Pada lembaga Keuangan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Banjarmasin

Dian, Hariyadi (2015) Pengaruh Label iB Pada lembaga Keuangan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Banjarmasin. Skripsi, Syariah Dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (938kB) | Preview

ABSTRAK

Peranan label (brand) atau merek bukan lagi sekedar hanya nama atau pembeda dengan produk-produk, perusahaan maupun instansi para pesaing. Tetapi menjadi faktor penentu untuk memotivasi orang untuk terlibat atau ikut membeli maupun mengunakannya, menjadikan sesuatu itu mudah diingat, menciptakan titik fokus dan juga menggambarkan hakikat serta fungsinya. Sebuah label atau merek yang berkualitas merupakan aset yang berharga bagi perusahaan. Maka dari itu, meningkatkan maupun mempertahankan pengaruh label, bukan pekerjaan yang mudah, karena yang akan dihadapi adalah ekspektasi pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh label iB pada lembaga keuangan berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap loyalitas nasabah bank syariah di Banjarmasin, dengan berbagai macam bank syariah di Banjarmasin, yang meliputi: BPD Kalsel Syariah, Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Muamalat, BTN Syariah. Serta mengetahui variabel mana (warna biru dan warna jingga, hijau, putih) yang memiliki pengaruh secara dominan terhadap loyalitas nasabah bank syariah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, lokasi penelitian ini di Kota Banjarmasin, subjek dari penelitian ini adalah nasabah bank-bank syariah di Banjarmasin, sedangkan objeknya adalah pihak karyawan pada bank-bank syariah di Banjarmasin, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan menggunakan tekhnik Convenience Sampling. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel warna biru dan warna jingga, hijau, putih berpengaruh sebesar 0,710 terhadap loyalitas nasabah berarti tingkat signifikansi pengaruh dikategorikan memiliki pengaruh yang kuat. Secara simultan (uji F) variabel warna biru dan warna jingga, hijau, putih berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan hasil F hitung sebesar 49,283 lebih besar daripada nilai F tabel 3,09. Secara parsial (uji t) variabel warna biru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung sebesar 3,462 dan taraf signifikansi 0,000. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel warna jingga, hijau, putih juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung sebesar 3,994 dengan taraf signifikansi 0,000. Semakin tinggi variabel warna biru dan warna jingga, hijau,putih, maka semakin tinggi pula loyalitas nasabah. Jika dilihat dari perbankan syariah, terlihat bahwa variabel label iB yaitu; warna biru dan warna jingga, hijau, putih sangat memberikan manfaat bagi penggunanya terutama nasabahnya. Ini berarti warna biru dan warna jingga, hijau, putih pada bank syariah telah sesuai dengan konsep Perbankan Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 09 Jul 2015 03:10
Last Modified: 09 Jul 2015 03:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item